3 Pemain Termahal dalam Sejarah AC Milan

Cap sebagai klub yang pelit sudah lama disandang AC Milan. Menumpuknya hutang membuat I Rossoneri tak bisa berbuat banyak di bursa transfer. Namun, status itu tampaknya akan mulai lepas dari Milan sejak musim panas ini.

Buktinya, AC Milan telah menghabiskan biaya 100 juta euro (Rp 1,5 triliun) untuk pembelian enam pemain di musim panas ini. Mereka adalah Mateo Musacchio, Franck Kessie, Ricardo Rodriguez, Andre Silva, Fabio Borini, dan Hakan Calhanoglu.

Pembelian Andre Silva dari pun terbilang cukup mahal. Tim besutan Vincenzo Montella itu harus merogoh kocek hingga 38 juta euro (Rp 447 miliar) untuk merekrutnya dari Porto. Hal seperti itu sangat jarang dilakukan Milan.

Namun, bukan hanya Andre Silva, di masa lalu AC Milan juga pernah mengeluarkan banyak uang dalam pembelian pemain. Selain Andre Silva yang menempati posisi kedua, berikut tiga pembelian termahal yang pernah dilakukan Milan:

1. Rui Costa – 43,9 juta euro (Rp 654 miliar)

Milan merekrut Rui Costa dari Fiorentina pada musim panas 2001. Kala itu, penampilan ciamik Rui Costa selama tujuh musim bersama Fiorentina membuat harganya sangat tinggi.

Biaya besar yang dikeluarkan Milan dibayar Rui Costa dengan performa mengesankan. Membela selama lima musim, gelandang serang kelahiran 29 Maret 1972 itu tampil dalam 192 pertandingan.

Ia menjadi bagian penting dalam kesuksesan I Rossoneri memenangkan satu gelar Serie A, satu Coppa Italia, satu Piala Super Italia, satu Liga Champions, dan satu Piala Super Eropa. Hingga kini, ia masih dianggap sebagai pemain nomor 10 terbaik dalam sejarah sepak bola.

2. Filippo Inzaghi – 36 juta euro (Rp 536 miliar)

Inzaghi adalah salah satu penyerang terbaik yang pernah dimiliki Milan. Meski tak memiliki keunggulan dalam hal skill, terbukti Inzaghi hampir selalu mampu mencetak gol dalam momen-momen penting, salah satunya adalah di final Liga Champions 2006/2007.

Milan sendiri harus membayar mahal untuk membajar Inzaghi dari Juventus pada musim panas 2001. Sejak itu, ia memainkan 300 pertandingan bersama Milan dan mencetak 126 gol.

Selain trofi Liga Champions 2002/2003 dan 2006/2007, ia juga menyumbangkan dua gelar Serie A, satu Coppa Italia, dua Piala Super Italia, dan satu Piala Dunia Antarklub. Inzaghi terus bersama Milan hingga pensiun di akhir musim 2011/2012.

3. Alessandro Nesta – 31 juta euro (Rp 461 miliar)

Nesta adalah salah satu contoh pembelian terbaik yang pernah dilakukan Milan. Ia direkrut dari Lazio pada musim panas 2002. Namanya menjulang berkat kesuksesannya membawa Lazio memenangkan satu trofi Serie A, dua Coppa Italia, dua Piala Super Italia, satu Piala Winners, dan satu Piala Super Eropa.

Perannya di jantung pertahanan dinilai sangat sempurna. Tak sedikit yang menyebutnya sebagai bek tengah terbaik sepanjang masa. Ia memiliki keunggulan dalam hal fisik, kecepatan, dan passing yang bagus untuk ukuran bek.

Kemampuannya pun kerap dibandingkan dengan mantan kapten Milan, Franco Baresi. Selama berkostum Milan, ia memainkan 326 laga di semua kompetisi. Sumbangsih sama seperti apa yang diberikan Inzaghi untuk AC Milan.

 

sport-detik.com | Berita Bola, Prediksi Bola, Hasil Pertandingan, Jadwal Pertandingan, Skor Bola, Klasemen dan Transfer Pemain
Sumber : Liputan6.com

Pos Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *