8 Fakta Menarik Tentang Pemain dan Pelatih di Piala Dunia 2018

Piala Dunia 2018 tinggal menghitung hari dan akan dibuka pada 14 Juni. Sebanyak 736 pemain dari 32 tim peserta sudah terdaftar untuk turnamen empat tahunan.

Berikut sejumlah fakta tentang para pemain tersebut:

• Veteran Piala Dunia
Sebanyak 200 dari 736 pemain tersebut sudah pernah tampil di Piala Dunia sebelumnya, yakni 186 tampil di Piala Dunia 2014, 61 orang tampil di Piala Dunia 2010, dan 21 pemain berlaga di Piala Dunia 2006. Hanya satu pemain yang pernah tampil di Piala Dunia 2002 yakni Rafa Marquez yang akan menjadi orang keempat yang tampil di lima edisi turnamen ini, setelah Antonio Carbajal, Lothar Matthaus, dan Gigi Buffon.

• Negara tempat para pemain berlaga
Seluruh pemain Inggris bermain di liga domestik negara mereka. Negara lain yang banyak mengandalkan pemain dari liga lokal adalah Rusia (21 dari 23 pemain) dan Arab Saudi (20 dari23). Senegal dan Swedia justru tak memilih satu pun pemain dari liga domestik mereka. Sedangkan Belgia, Islandia, Nigeria, dan Swiss hanya memilih satu pemain. Sebanyak 74 persen pemain yang akan berlaga di Rusia bermain di liga-liga Eropa.

• Pencetak gol
Sebanyak 53 pemain di Piala Dunia ini pernah mencetak gol di Piala Dunia sebelumnya. Thomas Muller memiliki koleksi gol paling banyak, 10 gol, diikuti James Rodriguez (6 gol), Tim Cahill, Gonzalo Higuain, Lionel Messi dan Luis Suarez (5).

• Pemain Tertua dan termuda
Usia tertua pemain Piala Dunia kali ini dipegang Essam El-Hadary, kiper Mesir, yakni 45 tahun dan lima bulan. Ia akan mengejar rekor Faryd Mondragon dari Kolombia (43 tahun dan tiga hari) sebagai pemain tertua yang berlaga di Piala Dunia.
Adapun Pemain termuda di turnamen kali ini dipegang pemain Australia, Daniel Arzani, yakni 19 tahun lima bulan. Rekor pemain termuda masih dipegang Femi Opabunmi (17 tahun dua bulan) dan Theo Walcott (17 tahun tiga bulan).

• Pelatih Tertua dan termuda
Rekor usia tertua di antara pelatih Piala Dunia ini dipegang pelatih Uruguay, Oscar Tabarez, 71 tahun. Sedangkan yang termuda adalah adalah pelatih Senegal Aliou Cisse. 42 tahun.

• Klub dengan Pemain Terbanyak
Manchester City menjadi klub yang paling banyak mengirimkan pemainnya ke Piala Dunia 2018 ini, yakni 16 orang. Di posisi berikutnya ada Real Madrid (15), Barcelona (14), Chelsea, Paris Saint-Germain, dan Tottenham Hotspur (12). Liga Inggris mengirim pemain terbanyak (124), diikuti Spanyol (81) dan Jerman (67).

• Paling sering tampil
Rafa Marquez dan Javier Mascherano paling sering bermain di laga di Piala Dunia, sama-sama 16 kali. Di urutan berikutnya ada Lionel Messi (15), Mesut Ozil (14), Thomas Muller, Manuel Neuer, Sergio Ramos, dan Cristiano Ronaldo (13).

• Sisa pemain dari tim juara sebelumnya
Hanya 9 pemain yang mengantar Jerman jadi juara pada 2014 lalu terpilih dalam skuad Piala 2018. Sebelumnya, Spanyol membawa 16 pemainnya yang mengantar tim juara pada 2010 ke piala dunia berikutnya.

 

sport-detik.com | Berita Bola, Prediksi Bola, Hasil Pertandingan, Jadwal Pertandingan, Skor Bola, Klasemen dan Transfer Pemain
Sumber : Tempo.co

Pos Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *