Abaikan Kasus Jamal Khashoggi, Supercoppa Italia Tetap Digelar di Arab Saudi

Laga Supercoppa Italiana yang mempertemukan Juventus dan AC Milan di Arab Saudi sempat mendapatkan protes dari publik. Namun pihak penyelenggara tidak menggubris hal tersebut dan tetap mengadakannya sesuai rencana.

Supercoppa Italiana memang sering digelar di luar Italia. Pada bulan Juni lalu, pihak penyelenggara menjalin kerja sama dengan Arab Saudi lengkap dengan kontrak pengadaan pertandingan selama tiga sampai lima tahun ke depan.

Pagelaran tersebut rencananya akan dihelat pada sekitaran bulan Januari 2019 mendatang. Untuk tempatnya sendiri, Supercoppa Italiana akan berlangsung di King Abdullah Sport City Stadium, Jeddah

Mendapatkan Penolakan

Namun rencana tersebut sempat mendapatkan pertentangan dari dunia lantaran kasus yang sedang terjadi di Arab Saudi. Seperti yang diketahui, pemerintah negara itu sedang terlibat dalam kasus pembunuhan seorang jurnalis veteran bernama Jamal Khashoggi.

Baca Juga: Nicky Butt: MU Kurang Percaya Diri

Publik khawatir laga antara Juventus melawan AC Milan ini akan digunakan oleh pemerintah Arab Saudi sebagai ajang ‘cuci tangan’ dari kasus itu. Bahkan pertandingan tenis antara Rafael Nadal dan Djokovic yang rencananya akan digelar di Arab Saudi pun didesak untuk dibatalkan.

“Bahkan sebelum pembunuhan mengenaskan Jamal Khashoggi, Arab Saudi punya rekor mengerikan dengan hak asasi manusia,” ujar pihak amnesti Inggris, Allan Hogarth, beberapa waktu lalu dilansir dari Football Italia.

“Klub besar seperti Juventus dan Milan harus paham dengan partisipasinya dalam acara olahraga seperti ini akan digunakan dalam bentun ‘sportwashing’,” tandasnya.

Ikuti Rencana Awal

Walau demikian, pihak penyelenggara Supercoppa Italiana nampaknya sudah tidak bisa lagi mengubah rencananya itu. Mereka akan tetap menggelar pertemuan antara Juventus dan AC Milan di Arab Saudi pada bulan Januari mendatang.

Menurut perkiraan, laga tersebut akan digelar pada tanggal 16 Januari waktu setempat di stadion yang sama. Jeddah akan menjadi kota non-Italia keenam yang menjadi penyelenggara ajang ini, menyusul Tripoli, New York, Beijing, Doha dan Shanghai.

Ajang ini sendiri tidak hanya digelar untuk Juventus dan AC Milan semata. Supercoppa Italiana merupakan agenda tahunan yang selalu mempertemukan peraih Scudetto dan juara Coppa Italia pada musim sebelumnya.

 

sport-detik.com | Berita Bola, Prediksi Bola, Hasil Pertandingan, Jadwal Pertandingan, Skor Bola, Klasemen dan Transfer Pemain
Sumber : Bola.net

Pos Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *