Argentina Lolos atau Tersingkir? Ini Hitungannya

Rangkaian panjang babak kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan segera berakhir dengan gelaran lima laga matchday ke-18 yang seluruhnya digelar bersamaan pada Rabu WIB (11/10/2017) mulai pk. 06:30 WIB.

Kelima pertandingan pekan terakhir ini ialah (tuan rumah disebutkan lebih dulu) Paraguay vs Venezuela, Brasil vs Chile, Ekuador vs Argentina, Peru vs Kolombia, Uruguay vs Bolivia.

Posisi klasemen sementara Brasil dipastikan juara Pra-Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan dengan nilai 38 dan telah lolos ke putaran final tahun depan di Rusia, diikuti Uruguay di posisi kedua dengan nilai 28 dan praktis tinggal menunggu pengesahan untuk lolos lantaran kalah pun di laga terakhir—asalkan tidak dengan skor telak, misalnya selisih lima gol—tetap lolos ke Rusia.

Posisi ketiga hingga ketujuh perbedaan perolehan nilai sangatlah tipis. Chile dan Kolombia memiliki nilai (26) dan selisih gol yang sama (2) di posisi ketiga dan keempat, sedangkan Peru dan Argentina di peringkat kelima dan keenam sama-sama memiliki nilai yang sama (25) dan selisih gol yang sama pula (1).

Adapun Paraguay menjadi tim terbawah yang masih berpeluang lolos, kini di peringkat ketujuh dengan nilai 24 dan tetap menjadi ancaman bagi empat tim di atasnya, Chile hingga Argentina, karena di laga terakhir hanya akan menjamu tim terlemah, Venezuela.

Klasemen sementara (main, menang, seri, kalah, gol memasukkan, gol kemasukan, selisih gol, nilai):

Brasil

17

11

5

1

38

11

+27

38

Uruguay

17

8

4

5

28

18

+10

28

Chile

17

8

2

7

26

24

+2

26

Kolombia

17

7

5

5

20

18

+2

26

Peru

17

7

4

6

26

25

+1

25

Argentina

17

6

7

4

16

15

+1

25

Paraguay

17

7

3

7

19

24

-5

24

Ekuador

17

6

2

9

25

26

-1

20

Bolivia

17

4

2

11

14

34

-20

14

Venezuela

17

1

6

10

18

35

-17

9

 

Hanya empat tim teratas dalam klasemen akhir yang langsung lolos ke putaran final di Rusia tahun depan. Sedangkan tim yang finis di posisi kelima harus bertarung laga play-off melawan juara Pra-Piala Dunia 2018 zona Oseania yakni Selandia Baru.

Dengan komposisi sedemikian, pertandingan Ekuador menjamu Argentina menjadi titik perhatian. Kekalahan bermakna kegagalan Lionel Messi dan kawan-kawan untuk lolos ke Rusia.

Hasil seri pun masih membuat kans kelolosan Argentina ke Rusia tergantung pada hasil pertandingan tim-tim lain.

Jika Argentina seri di kandang Ekuador dan di pertandingan lainnya hanya kalah selisih satu gol dari Brasil, lantas Peru dan Kolombia imbang, serta Paraguay mengatasi Venezuela, maka Argentina akan tersingkir.

Argentina finis di posisi kelima dan masuk play-off menghadapi Selandia Baru jika hanya seri, sementara salah satu dari hasil tiga laga lain menguntungkan Tango yakni Chile kalah sedikitnya dua gol dari Brasil, atau Peru menaklukkan Kolombia dengan selisih dua gol, atau Paraguay gagal menaklukkan Venezuela.

Argentina akan langsung lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 meskipun hanya seri versus Ekuador apabila ketiga hasil pertandingan lain sebagaimana diuraikan di atas yang terjadi. Jika itu yang terjadi, Argentina akan finis paling tidak di slot keempat.

Sementara itu, apabila Argentina menang sehingga nilai akhir 28, tim asuhan Jorge Sampaoli dipastikan memelihara asa untuk lolos ke Rusia setidaknya finis di peringkat kelima untuk kemudian masuk jalur play-off kontra Selandia Baru.

Jadi, yang paling aman, Argentina menaklukkan tuan rumah Ekuador untuk membuka peluang lolos langsung dengan finis di posisi keempat atau terburuk sekalipun finis di posisi kelima apabila hasil tiga pertandingan lain ternyata tidak menguntungkan tim asuhan Sampaoli seperti Chile mengalahkan Brasil, Kolombia menaklukkan Peru, atau Paraguay menang atas Venezuela.

Meskipun main di Ekuador, kans Argentina untuk menang cukup besar, mengingat Ekuador selalu kalah dalam enam pertandingan terakhir. Sebaliknya, Argentina memang hanya bisa seri dalam tiga laga terakhir, namun selalu memperlihatkan permainan yang impresif.

 

sport-detik.com | Berita Bola, Prediksi Bola, Hasil Pertandingan, Jadwal Pertandingan, Skor Bola, Klasemen dan Transfer Pemain
Sumber : Bisnis.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *