Arsenal akan Evaluasi, 7 Tokoh Ini Bisa Bikin Wenger Dipecat

Arsenal akan mengevaluasi posisi Arsene Wenger sebagai manajer tim Arsenal pada musim panas mendatang. Adapun pilihan untuk mengakhiri kepemimpinan Wenger di Arsenal yang sudah berlangsung selama 22 tahun mencuat.

Pemicunya adalah kekalahan 0-3 Arsenal melawan Manchester City pada babak final Piala Liga Inggris di Wembley, Senin 26 Februari 2018. Selain itu, ancaman besar buat  Arsenal untuk gagal lagi menembus zona Liga Champions dua kali beruntun.

Berikut tokoh-tokoh penting yang akan membicarakan masa depan Arsene Wenger dan menjadi penentu masa depannya di Arsenal:

1 Stan Kroenke. Ia adalah pemilik klub Arsenal dan direkrur klub.

Pengusaha Amerika Serikat ini mengawali usahanya dengan mendirikan Kroenke Group pada 1983, yang berfokus pada perumahan.

Kroenke juga menanamkan modal ke beberapa tim olahraha selain Arsenal, yaitu dengan membeli St Louis Rams, Denver Nuggets, Colorado Avalanche, dan beberapa klub kecil.

Pria berusia 70 tahun ini mengalahkan tawaran 1 juta pound sterling dari pemegang saham Arsenal lainnya, Alisher Usmanov, pada Mei lalu, untuk mempertahankan 67,05 persen sahamnya di The Gunners ini.

Kroenke dikenal pendukung Wenger dan akan memiliki kata akhir untuk menentukan apakah pelatih asal Prancis itu jadi dipecat atau tidak.

2 Ivan Gazidis, ketua eksekutif Arsenal.

Ivan Gazidis lahir di Afrika Selatan tapi pindah ke Inggris pada usia empat tahun dan tinggal di Manchester.

Ia menjadi CEO atau ketua eksekutif Arsenal pada 2009 setelah mengelola manajemen klub di Liga Sepak Bola Amerika Serikat.

Pria berusia 53 tahun ini musim lalu mendesak Wenger meninggalkan jabatannya sebagai manajer dan menjadi direktur sepak bola Arsenal.

3 Josh Kroenke, direktur.

Anak dari Stan Kroenke. Pria berusia 37 tahun ini menjadi anggota direksi Arsenal sejak 2013. Sebelumnya, Josh memimpin tim bola basket Colorado Nuggets dan tim hoke es  Colorado Avalanche.

4 Alisher Usmanov, pemegang saham terbesar kedua di Arsenal.

Pengusaha logam dari Uzbekistan, tapi lebih sering berada di Rusia. Ia menempati urutan ke-37 orang terkaya di dunia pada 2013 dan urutan kedua terkaya di Inggris 2014.

Usmanov bersahabat dengan pemilik Chelsea,  Roman Abramovich, dan bermitra bisnis dengan pemilik klub Everton, Farhad Moshiri.

Sahamnya di Arsenal adalah 30,04 persen melalui Red and White Securities LTD. Tapi, ia berambisi lebih berpengaruh di Arsenal setelah gagal mengambil alih kepemilikan tim ini tahun lalu.

5 Chips Keswick, ketua klub.

Chips Keswick menjadi ketua klub pada 2013  menggantikan Peter Hill-Wood. Bankir berusia 77 tahun ini. Ia masih dihormati meskipun kinerjanya dinilai semakin tidak penting lagi di Arsenal.

6 Ken Friar, direktur.

Pendukung Arsenal sejati dan telah bekerja di sana selama 72 tahun. Pria berusia 83 tahun ini telah dibuatkan patung oleh klub The Gunners sebagai tanda penghormatan kepadanya. Ia dinilai akan ikut berperanan besar untuk memutuskan apakah seharusnya Wenger dipecat.

7 Lord Harris dari Peckham, direktur.

Lord Harris terpilih sebagai anggota direksi Arsenal 13 tahun lalu. Pria 75 tahun ini adalah pengusaha karpet milik keluarganya,  Carpetright, sejak berusia 15. Ia kemudian menjual semua sahamnya di Carpetright pada 2014 dan berfokus menjalankan peranannya di Arsenal.

 

sport-detik.com | Berita Bola, Prediksi Bola, Hasil Pertandingan, Jadwal Pertandingan, Skor Bola, Klasemen dan Transfer Pemain
Sumber : Tempo.co

Pos Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *