‘Arthur The Artist’ Barcelona Temukan Pengganti Xavi

Bintang asal Brasil ini mengukuhkan diri di skuat utama Barcelona lebih cepat dari yang dibayangkan sebelumnya.

Ketika Arthur menginjakkan kaki ke atas lapangan, sangat mudah melupakan fakta jika dua tahun lalu sang gelandang hanya berstatus youngster di tim muda Gremio dengan sebiji catatan penampilan di Brasileirao.

Tetapi berkat bakat dan kedewasaan, namanya melesat bak meteor, dimulai awal 2017.

Tantangan berada di klub dengan segudang tuntutan  sekaliber Barcelona tidak membuatnya meredup. Bahkan dengan kecepatan luar biasa dia berhasil menyegel satu tempat reguler dengan cepat hingga dibandingkan dengan salah satu mesin klub paling top sepanjang masa, Xavi.

Lebih jauh lagi, komentar di atas bukan sekadar basa-basi dari jurnalis sensasional. Xavi sendiri yang menyetujui Arthur sebagai artis baru Barcelona.

“Dia mirip dengan saya, saya melihat diri sendiri pada Arthur,” kata Xavi di Catalunya Radio dari Qatar.

“Dia berpikir dengan cepat namun masih banyak pekerjaan yang harus dilakukannya karena saya sendiri meningkatkan kemampuan bersama Barca yang tidak bisa didapat di tempat lainnya.”

“Arthur telihat dewasa. Prioritas di lini tengah adalah tidak kehilangan bola dan dia membuat tugas itu terlihat mudah. Dia bermain bagus dan stabil. Saya melihat potensi yang sangat besar.”

Arthur memang membuat filosofi penguasaan bola bagai permainan di taman. Dengan rerata 50 operan sempurna per pertandingan, dia secara reguler mampu mencatatkan lebih dari 95 persen distribusi bola, sebuah catatan istimewa untuk pengumpan top sekalipun seperti Sergio Busquets, Toni Kroos atau bahkan Xavi sendiri.

Proses adaptasi Arthur bersama Barcelona berjalan mulus, dimulai dari gol indah ke gawang Tottenham Hotspur di pramusim yang diikuti sejumlah laga dari bench untuk membiasakan diri dengan kecepatan dan intensitas persaingan sepakbola Eropa yang selama ini selalu jadi momok menakutkan bagi pesepakbola muda dari Amerika Latin.

Ketika Barcelona mengunjungi markas Valencia di awal Oktobeor, Arthur sudah membuka jalan menuju skuat utama tim sekaligus beradaptasi dengan formasi klub yang kaya gelandang. Dengan bimbingan Busquets dan Ivan Rakitic, Arthur berkembang dalam sebuah skema yang membuat Philippe Coutinho mengambil peran yang lebih bebas meski mengawalinya dari sayap kiri.

Performa jempolan lawan Inter Milan dan Sevilla beberapa waktu lalu memperlihatkan bagaimana perkembangan sang bintang jauh melebihi ekspektasi. Bahkan di bawah tekanan Clasico dan berhadapan dengan bintang seperti Modric dan Kroos, Arthur tetap merajai lini tengah sebelum digantikan oleh Arturo Vidal, sebuah pergantian yang menjadi kebiasaan pada musim ini.

Rencana Ernesto Valverde sangat mudah dilihat tetapi sulit untuk dihentikan. Dengan umpan-umpan terukurnya Arthur merusak lawan lalu Arturo datang untuk menghadirkan pukulan telak yang menyakitkan. Seperti Xavi, Arthur tidak akan banyak menghiasi headline media tetapi perannya tak tergantikan.

Di hari-hari terakhirnya sebagai pemenang Copa Libertadores bersama Gremio, performa Arthur terus memperlihatkan peningkatan termasuk di laga final lawan Lanus. Aksinya pantas jadi insipirasi bagi para gelandang bertahan dalam memainkan bola, dia berhasil meningkatkan kemampuan dan keputusan saat membantu serangan dan tiba di area penalti.

Catatan menyerang positif tersebut berbuah tawaran pembelian senilai €40 juta dari Barcelona dan dia langsung dianggap sebagai calon pengganti Andres Iniesta.  Akan tetapi, Arthur lebih nyaman ketika sedikit ditarik ke belakang. Cukup dipahami mengingat tempo permainan yang berbeda di Spanyol dan Brasil.

Barcelona tidak keberatan. Bakat seperti Xavi terbukti sulit didapat hingga Barca mengadopsi gaya baru yang masih efektif tetapi jauh dari yang selama ini digambarkan di Camp Nou.

Mampukah Arthur mengembalikan kejayaan Barca seperti yang pernah dihadirkan oleh Pep dan Xavi? Perjalanannya masih panjang, tetapi siapapun pemain yang mendapat acungan jempol dari Xavi harus dianggap serius!

 

sport-detik.com | Berita Bola, Prediksi Bola, Hasil Pertandingan, Jadwal Pertandingan, Skor Bola, Klasemen dan Transfer Pemain
Sumber : Goal.com ID

Pos Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *