Barca Lumat Sociedad dan Pastikan ke Semifinal

Barcelona memastikan kelolosan ke semifinal Copa del Rey dengan meyakinkan. Menjamu Real Sociedad, mereka menang telak 5-2.

Menjamu Sociedad di Camp Nou pada perempatfinal leg kedua, Jumat (27/1/2017) dinihari WIB, Barca membawa bekal kemenangan 1-0 di pertemuan pertama. Barca cenderung lebih sabar memainkan bola, sementara Sociedad menekan dengan cukup agresif.

Barca membuka keunggulan melalui Denis Suarez di menit ke-17, memanfaatkan kesalahan pemain Sociedad yang kehilangan bola di lapangan tengah. Babak pertama berakhir dengan 1-0, tak banyak peluang tercipta di paruh ini.

Sociedad bermain lebih agresif di babak kedua. Tapi Barca justru sukses memanfaatkannya untuk mencetak gol-gol. Penalti Lionel Messi diikuti gol-gol dari Luis Suarez, Arda Turan, dan gol kedua Denis, cuma mampu dibalas dua kali oleh Sociedad lewat Juanmi dan Willian Jose.

Kemenangan ini memastikan Barca lolos ke semifinal dengan agregat 6-2.

Jalannya Pertandingan

Laga dimulai dengan kedua tim bermain terbuka. Beberapa serangan awal Barca lewat aksi individu Lionel Messi dan Neymar terpatahkan. Sementara upaya Sociedad membangun serangan di menit ketujuh gagal setelah umpan terobosan David Zurutuza tak mampu dikejar Xabi Prieto.

Barca cukup kesulitan menciptakan peluang karena pressing Sociedad. Tapi di menit ke-17, mereka berhasil membuka keunggulan.

Tekanan Barca ke Sociedad yang membangun serangan dari belakang membuahkan hasil. Samuel Umtiti memenangi duel dengan Prieto dan bola dikuasai Neymar.

Neymar lantas mengoper ke Messi di tengah, yang diteruskan ke Luis Suarez di kanan. Suarez tak menahan bola, menyonteknya ke Denis Suarez yang berlari tak terkawal di sisi kanannya. Dengan sepakan terukur, Denis menceploskan bola ke pojok kiri bawah gawang.

Dua menit berselang, Sociedad balas mengancam. Dari sepak pojok, umpan lambung Carlos Vela ditanduk Raul Navas. Hanya berakhir ke kiri gawang.

Skema serangan apik diperagakan lagi oleh Barca di menit ke-22. Messi melepaskan umpan terobosan lambung ke Suarez dan dituntaskan dengan dingin. Tapi tak ada gol karena hakim garis sudah mengangkat bendera tanda offside.

Tak lama kemudian Sociedad punya percobaan dari Willian Jose yang masih sedikit melambung, menyambar bola liar di dalam kotak penalti.

Sociedad kembali menekan di menit ke-31. Prieto menusuk di kanan dan mengoper ke Willian. Tapi dia gagal menerima bola dengan baik hingga kemudian diamankan Umtiti.

Di menit ke-39, Barca melakukan serangan di sisi kiri lewat Neymar. Umpannya disambut Suarez, namun Inigo Martinez datang tepat waktu untuk memblok. Babak pertama berakhir 1-0 untuk keunggulan Barca.

Babak kedua berjalan semenit, Sociedad mendapatkan kans dari sepak pojok. Umpan lambung Vela ditanduk Aritz Elustondo dan melambung.

Sociedad lantas membuang peluang bagus di menit ke-54. Upaya Vela untuk menyepak umpan Prieto terpatahkan, bola lantas bergulir ke Willian. Tapi sepakan Willian dari jarak dekat bisa ditepis Jasper Cillessen.

Justru Sociedad kemudian malah mendapatkan petaka dari serangan balik Barca. Neymar menusuk di sisi kiri lalu dijatuhkan oleh Martinez di kotak penalti. Messi sukses mengeksekusinya saat waktu menunjukkan menit ke-55.

Sociedad lantas menghidupkan peluang dengan gol balasan di menit ke-62. Martinez melepaskan umpan terobosan dari tengah lapangan untuk Juanmi. Lolos dari jebakan offside, Juanmi dengan cerdik melambungkan bola ke atas Cillessen dan berakhir dengan gol.

Tapi skor kemudian berubah lagi di menit ke-63 berselang. Messi mendapatkan bola memasuki sepertiga akhir dan mengirimkan umpan terobosan ke Suarez yang berlari di antara dua bek. Suarez menuntaskannya dengan sepakan mendatar ke pojok kiri bawah gawang, untuk menaklukkan kiper Sociedad Jeronimo Rulli.

Barca hampir kembali mencetak gol. Aleix Vidal merangsek di kanan dan melepaskan umpan silang. Bola mengarah ke Messi di tengah kotak penalti, tapi dia gagal menyambut bola dengan sempurna.

Gol kembali tercipta di menit ke-73. Sociedad memperkecil ketertinggalan kala umpan silang Elustondo disambar tandukan Willian yang berdiri cukup bebas.

Barca memperlebar lagi selisih di menit ke-80. Messi melihat Vidal berlari bebas di kanan dan mengoperkan bola. Vidal meneruskannya dengan umpan silang mendatar, yang gagal dicocor Suarez namun disambar Arda Turan di kesempatan kedua.

Barca kembali mencetak gol dua menit kemudian. Messi mendapatkan bola di tengah, lalu menggiring melewati satu pemain dan melepaskan umpan di antara dua pemain Sociedad untuk Denis. Denis membawa bola memasuki kotak penalti, melewati kiper, dan menceploskannya ke gawang.

Tak ada lagi gol di sisa waktu pertandingan. Barca menang 5-2 dan lolos dengan agregat 6-2.

Susunan pemain:

Barca: Cillessen; Roberto (Vidal 46′), Pique, Umtiti, Alba; Denis Suarez, Mascherano (Rakitic 66′), Gomes; Messi, Suarez, Neymar (Arda 75′)

Sociedad: Rulli; Elustondo (Odriozola 76′), Navas, Martinez, Yuri; Prieto (Canales 57′), Illarra, Zurutuza; Vela (Juanmi 57′), Willian Jose, Oyarzabal

 

sport-detik.com | Berita Bola, Prediksi Bola, Hasil Pertandingan, Jadwal Pertandingan, Skor Bola, Klasemen dan Transfer Pemain
Sumber : Detik.com

Pos Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *