Barcelona Menang 6-1, Suarez dan Alba Sengaja Cari Kartu Kuning?

Dua pemain Barcelona dinilai sengaja mencari kartu kuning saat mengalahkan Girona 6-1 dalam lanjutan Liga Spanyol di Camp Nou, Sabtu malam. Aksi itu dilakukan agar mereka bisa tampil melawan Atletico Madrid pada akhir pekan depan.

Barcelona akan melawan Las Palmas pada Kamis dan menjamu Atletico pada akhir pekan. Sejumlah pemain yang sudah mengantongi empat kartu kuning ketar-ketir menghadapi dua jadwal ini.

Sesuai aturan, pemain yang sudah mengantongi lima kartu kuning otomatis dilarang tampil dalam satu laga. Saat melawan Girona, Luis Suarez dan Jordi Alba sama-sama sudah mengantongi empat kartu kuning.

Sejumlah wartawan kemudian mengklaim melihat aksi aneh dari kedua pemain di akhir laga. Keduanya melakukan pelanggaran-pelanggaran tak perlu, sehingga dianggap sengaja mencari kartu kuning.

Analisanya masuk akal. Bila mendapat kartu kuning saat melawan Girona, mereka akan absen saat melawan Las Palmas tapi bisa tampil saat menghadapi Atletico. Sedangkan bila bebas dari kartu di laga Girona, mereka bisa mendapat kartu kuning saat melawan Las Palmas dan harus absen saat melawan Atletico.

Aksi Suarez dan Alba tersebut ternyata berujung pada hasil berbeda. Alba mendapat kartu kuning karena pelanggaran yang dia lakukan pada Pablo Maffeo. Dia dipastikan absen saat melawan Las Palmas dan bisa bermain saat menghadapi Atletico.

Suarez justru tak berhasil. Wasit Javier Alberola hanya membiarkan pelanggaran yang dia lakukan. Pemain Uruguay ini dipastikan akan bisa tampil melawan Las Palmas dan bila mendapat kartu kuning lagi ia harus absen di laga penting melawan Atletico.

Bagaimana komentar pelatih Ernesto Valverde soal tudingan wartawan itu? Ia memilih menghindar. Menurutnya, apa yang dilakukan pemainnya dipengaruhi situasi di lapangan dan akhirnya wasit yang memutuskan.

“Saya tak punya komentar soal itu. Bila kami mengalami kemunduran karena akumulasi kartu yang menimpa pemain, maka pemain lain akan berlaga. Kami akan memutuskan apa yang bisa dilakukan,” kata dia.

Saat melawan Girona, Luis Suarez mencetak hat-trick, yang dilengkapi dua gol Messi dan satu gol Philippe Coutinho. Barcelona pun berhasil menyamai rekor 32 kali tak terkalahkan di Liga Spanyol, menyamai catatan Real Sociedad yang 32 kali tak terkalahkan di ajang La Liga pada 1979/1980.

Pos Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *