Bermain 30 Menit Cetak 3 Gol, Liverpool Gunduli City di Leg Pertama Perempat Final Liga Champions

Liverpool FC berhasil mengalahkan Manchester City dengan skor 3-0 pada laga leg 1 babak perempat final Liga Champions 2017-2018 di Stadion Anfield, Liverpool, pada Rabu (4/4/2018) atau Kamis dini hari WIB.

Di sepanjang pertandingan, Liverpool lebih banyak berada di bawah tekanan dengan hanya memiliki 38 persen penguasaan bola.

Namun, Liverpool mampu tampil dengan sangat efektif dengan menciptakan 8 peluang yang 4 di antaranya tepat sasaran.

Sedangkan Manchester City juga mampu menciptakan 11 peluang, tetapi tak satu pun di antaranya yang mengarah tepat ke gawang Liverpool.

Selain tampil efektif, Liverpool juga sangat tajam dalam memanfaatkan peluang.

Bahkan, The Reds mampu mencetak 3 gol melalui 5 peluang pertama!

Gol pertama Liverpool berhasil dicetak Mohamed Salah pada menit ke-12 melalui skema serangan balik.

Berawal dari umpan terobosan Trent Alexander-Arnold dari lini pertahanan Liverpool, bola berhasil disambut Mohamed Salah yang sebenarnya telah berdiri di posisi off-side.

Bola sempat lepas dari penguasaan Mohamed Salah, tetapi berhasil diraih Roberto Firmino sebelum melepaskan sebuah tendangan ringan.

Namun, bola tersebut tidak mampu ditangkap kiper Manchester City, Ederson Moraes, dan berhasil disosor Firmino untuk diberikan kepada Mohamed Salah yang berdiri bebas di depan gawang Manchester City sebelum mencetak gol.

Sementara gol kedua Liverpool berhasil dicetak secara spektakuler oleh Alex Oxlade-Chamberlain pada menit ke-20 dari luar kotak penalti setelah menerima bola dari James Milner.

Sedangkan gol ketiga Liverpool berhasil dicetak pada menit ke-31 melalui tandukan Sadio Mane di depan gawang Manchester City setelah menerima umpan dari Mohamed Salah.

Sementara itu, peluang terbaik yang dimiliki Manchester City didapat melalui Leroy Sane pada menit ke-14, tetapi sepakan mendatar gelandang lincah asal Jerman itu hanya sedikit melebar dari gawang Liverpool.

Liverpool sempat mendapat beberapa peluang melalui Andy Robertson, Firmino, dan Virgil van Dijk, tetapi skor 3-0 untuk The Reds bertahan hingga jeda.

Pada babak kedua, keadaan berubah drastis. Liverpool tidak mampu menciptakan banyak peluang seperti di 45 menit pertama.

Kondisi ini sedikit banyak disebabkan oleh ditariknya Mohamed Salah dari pertandingan pada menit ke-53 karena alami cedera dan menggantinya dengan Giorginio Wijnaldum.

Selain itu manajer Liverpool, Juergen Klopp, juga memilih menarik keluar Firmino pada menit ke-71 dan memasukan Dominic Solanke.

Sedangkan Manchester City tetap mampu menguasai laga lebih banyak dan beberapa kali mendapat peluang, meski akurasinya masih jauh dari harapan.

Kondisi ini membuat Liverpool seakan-akan buntu untuk membongkar pertahanan Manchester City dan lebih banyak fokus dalam meredam serangan lawan.

Bahkan, Liverpool sama sekali tidak mampu menciptakan peluang pada sepanjang babak kedua.

Beruntung bagi Liverpool, Manchester City pun secara keseluruhan mengalami kesulitan untuk membongkar pertahanan mereka dan membuat keunggulan 3-0 The Reds bertahan hingga akhir laga.

Keunggulan ini membuat Liverpool seakan-akan telah menginjakkan satu kaki mereka di semifinal Liga Championskarena memiliki modal besar untuk menantang Manchester City di Stadion Etihad pada Selasa (10/4/2018) atau Rabu dini hari WIB.

Sedangkan bagi Manchester City, Manajer Pep Guardiola mesti memutar otak untuk mencari cara agar bisa membombardir pertahanan Liverpool demi mengikis ketertinggalan mereka pada sepanjang laga leg 2 nanti.

Liverpool FC 3 – 0 Manchester City (Mohamed Salah 12′, Alex Oxlade-Chamberlain 20′, Sadio Mane 31′)

Susunan pemain:

Liverpool FC: 1-Loris Karius, 4-Virgil Van Dijk, 6-Dejan Lovren, 26-Andy Robertson, 66-Trent Alexander-Arnold, 7-James Milner, 14-Jordan Henderson, 21-Alex Oxlade-Chamberlain (18-Alberto Moreno 85′), 19-Sadio Mané, 9-Roberto Firmino (29-Dominic Solanke 71′), 11-Mohamed Salah (5-Giorginio Wijnaldum 53′)

Pelatih: Juergen Klopp

Manchester City: 31- Ederson Moraes, 30-Nicolás Otamendi, 14-Aymeric Laporte, 4-Vincent Kompany, 2-Kyle Walker, 25-Fernandinho, 8-Ilkay Guendogan (7-Raheem Sterling 57′), 17-Kevin De Bruyne, 19-Leroy Sané, 21-David Silva, 33-Gabriel Jesus

Pelatih: Pep Guardiola

 

sport-detik.com | Berita Bola, Prediksi Bola, Hasil Pertandingan, Jadwal Pertandingan, Skor Bola, Klasemen dan Transfer Pemain
Sumber : TribunNews.com

Pos Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *