Bos Chelsea Bertemu Konglomerat Tiongkok

Salah satu petinggi Chelsea menggelar pertemuan dengan sebuah perusahaan kaya raya asal Tiongkok, yang berminat berinvestasi di klub Premier League tersebut.

Perusahaan itu diketahui bernama HNA Group, sebuah perusahaan global dengan pendapatan tahunan sekitar £20 miliar. Petinggi perusahaan itu datang ke Stamford Bridge untuk membicarakan kemungkinan berinvestasi di sepakbola Inggris.

Sebelumnya, Ketua Chelsea, Bruce Buck menerima kedatangan beberapa petinggi HNA Group pada 7 Januari lalu, sehari sebelum Chelsea mengalahkan Peterborough United 4-1 di Piala FA.

Grup asal Tiongkok itu juga menyaksikan pertandingan melawan Peterborough. dan mereka duduk di deretan kotak direktur.

Ini adalah pertemuan kedua antara grup perusahaan asal Tiongkok itu dan Chelsea, dan Buck yakin akan pergi ke Asia untuk membicarakan lagi hal tersebut.

Menurut sebuah sumber, HNA sangat serius membeli sebuah klub dan mereka mengincar satu klub di Premier League.

Sayang, isi pembicaraan antara Buck dengan perwakilan HNA tidak diketahui, tetapi Chelsea memiliki rencana besar untuk mendapat dukungan dana dari luar, terutama memperluas Stadion Stamford Bridge menjadi 60 ribu tempat duduk dengan biaya £500 juta.

Majalah Forbes mengatakan, valuasi Chelsea sekitar £1,2 miliar pada Mei 2016, dengan kepemilikan saham 20 persen atau sekitar £240 juta. Pemilik Chelsea, Roman Abramovich dulu membeli klub ini dari Ken Bates pada 2003 seharga £140 juta.

HNA sendiri adalah sebuah perusahaan global yang dalam dua tahun terakhir telah meraup laba sekitar £30 miliar.

Awal bulan ini, mereka memiliki 3,04 persen saham di Deutsche Bank senilai £590 juta. Pada Oktober lalu, mereka mengumumkan pembelian 25 persen atau £5,18 miliar saham Hilton Worldwide Holdings.

Investor Tiongkok lainnya bernama China Media Capital Holdings dan CITIC Capital membeli 13 persen atau senilai £265 juta saham Manchester City pada Januari 2015.

 

sport-detik.com | Berita Bola, Prediksi Bola, Hasil Pertandingan, Jadwal Pertandingan, Skor Bola, Klasemen dan Transfer Pemain
Sumber : BeritaSatu.com

Pos Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *