Chelsea Tak Jadi Juara Lantaran Courtois Gagal Eksekusi Penalti, Ini Pembelaan Conte

Chelsea harus menelan luka kala melakoni pertandingan Community Shield 2017 melawan Arsenal di Stadion Wembley, Sabtu 6 Agustus 2017 malam WIB. Pasalnya, klub besutan Antonio Conte itu harus kalah di babak adu penalti dengan skor 4-1 setelah bermain imbang 1-1 di waktu normal.

Kendati demikian, yang menjadi sorotan besar adalah keputusan Conte yang mencantumkan nama penjaga gawang Chelsea, Thibaut Courtois, sebagai salah satu penendang penalti untuk timnya. Para fans pun pada akhirnya mengkritik keputusan tersebut.

Hal itu dikarenakan Courtois gagal melakukan tugasnya sebagai eksekutor dengan baik. Jangankan mengarah ke gawang, bola sepakan penjaga gawang asal Belgia itu justru melambung tinggi ke angkasa. Hal tersebut pun semakin diperparah karena penendang penalti Chelsea berikutnya, Alvaro Morata, juga gagal melakukan tugasnya sebagai eksekutor.

Menanggapi kritikan berbagai pihak tersebut, termasuk dari fans-nya sendiri, Conte menjelaskan bahwa ia memilih pemain yang menendang penalti berdasarkan pada apa yang ditunjukkan oleh si pemain  di dalam latihan. Manajer asal Italia itu dengan tegas mengatakan bahwa Courtois merupakan salah satu penendang penalti terbaik di dalam latihan.

Menurut Conte, keterkaitan antara posisi Courtois yang merupakan penjaga gawang dengan kegagalan penalti tidak ada hubungannya. Pasalnya, Morata yang berposisi sebagai striker pun gagal melakukan tugas sebagai eksekutor penalti.

“Courtois merupakan salah satu pemain terbaik untuk menendang penalti. Jika Anda memiliki seorang pemain yang menunjukkan kepada Anda selama sesi latihan untuk menjadi salah satu yang terbaik, maka Anda akan memilihnya untuk menendang penalti. Jangan lupakan Morata merupakan striker dan dia melakukan hal yang sama (gagal penalty),” ujar Conte, menyadur dari West London Sport, Senin (7/8/2017).

 

sport-detik.com | Berita Bola, Prediksi Bola, Hasil Pertandingan, Jadwal Pertandingan, Skor Bola, Klasemen dan Transfer Pemain
Sumber : Okezone.com

Pos Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *