Daftar Klub Peserta 16 Besar Liga Champions 2017-2018

SEJUMLAH pertandingan terakhir babak penyisihan grup Liga Champions 2017-2018 telah selesai digelar. Terdapat 16 klub yang memastikan diri lolos ke fase knock-out dengan status juara dan runner-up dari grup masing-masing.

Manchester United keluar sebagai juara Grup A dengan mengoleksi 15 poin dari lima kemenangan dan sekali kalah. Tim asuhan Jose Mourinho itu memetik kemenangan tipis 2-1 atas CSKA Moskow di matchday keenam pada Rabu 6 Desember 2017 dini hari WIB.

FC Basel mendampingi Man United untuk lolos ke babak 16 besar sebagai runner-up Grup A. Klub asal Swiss itu mengumpulkan 12 poin.

Selanjutnya, Paris Saint-Germain (PSG) melaju ke fase knock-out meski di laga terakhir menelan kekalahan 1-3 saat bertandang ke markas Bayern Munich. Namun, PSG tetap memuncaki klasemen akhir Grup B, sementara Bayern berada di peringkat dua dengan raihan poin yang sama yakni 15.

AS Roma dan Chelsea menjadi wakil dari Grup C yang lolos ke babak 16 besar. Meski kedua klub sama-sama menorehkan 11 poin, tetapi Roma berada di peringkat teratas klasemen akhir Grup C lantaran unggul head-to-head atas Chelsea.

Kemudian, Barcelona sukses mengukuhkan posisinya di puncak klasemen akhir Grup D (14 poin). Klub berjuluk Blaugrana itu unggul tiga angka dari Juventus yang puas menjadi runner-up.

Liverpool melaju ke babak 16 besar dengan status sebagai juara Grup E (12 poin). Tim asuhan Jurgen Klopp itu meraih kemenangan besar atas Spartak Moskow dengan tujuh gol tanpa balas di Stadion Anfield, Kamis (7/12/2017) dini hari WIB. Sevilla pun berhak mendampingi Liverpool untuk lolos ke fase knock-out sebagai runner-up (9 poin).

Meski menelan kekalahan di markas Feyenoord, Manchester City tetap keluar sebagai pemuncak klasemen Grup F (15 poin). Klub berjuluk The Citizens itu unggul tiga angka dari Shakhtar Donestk di peringkat dua.

Besiktas pun lolos ke babak 16 besar dengan status juara Grup G (14 poin). FC Porto pun juga melaju lantaran menjadi runner-up Grup G dan terpaut empat angka dari Besiktas.

Terakhir, ada Tottenham Hotspur yang menjadi pemuncak klasemen Grup H (16 poin). Tim asuhan Josep Guardiola itu unggul tiga angka dari Real Madrid yang harus puas sebagai runner-up Grup H.

 

sport-detik.com | Berita Bola, Prediksi Bola, Hasil Pertandingan, Jadwal Pertandingan, Skor Bola, Klasemen dan Transfer Pemain
Sumber : Okezone.com

Pos Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *