Di Klub Sudah, Saatnya Coutinho Bersinar di Timnas Brasil

Lewat performanya di level klub, Philippe Coutinho sudah masuk jajaran pemain top dunia. Kini saatnya Coutinho membuktikan kemampuannya di timnas Brasil.

Coutinho adalah salah satu pemain Brasil yang merumput di Eropa setelah Inter Milan mendatangkannya dari Vasco Da Gama pada 2008. Tapi, Coutinho kala itu lebih banyak dipinjamkan ke Vasco dan Espanyol.

Selama lima tahun berseragam biru-hitam, Coutinho cuma bikin lima gol dari 47 penampilan di seluruh kompetisi. Liverpool lantas mendatangkannya pada Januari 2013 dan langsung diberikan seragam nomor punggung 10.

Bersama The Reds, Coutinho menemukan jati dirinya sebagai playmaker top Eropa dan kemudian jadi salah satu pemain kunci tim tersebut. Penampilannya pun berkembang pesat bersama Liverpool karena ditempa kerasnya Premier League.

Ada total 54 gol dari 201 penampilan dibuat Coutinho bersama Liverpool yang membuatnya jadi incaran banyak klub besar Eropa. Salah satunya Barcelona yang memang sudah ngebet sejak lama dengan pria kelahiran Rio de Janeiro, Brasil, 26 tahun lalu itu.

Barca pun akhirnya mendapatkan Coutinho Januari lalu setelah menebusnya dengan banderol 142 juta pound sterling yang menjadikannya sebagai pemain termahal klub itu. Coutinho pun mewujudkan mimpinya bermain di klub seperti Barca dan berujung gelar La Liga serta Copa del Rey.

Di paruh kedua musim, Coutinho langsung jadi andalan utama Ernesto Valverde dengan torehan 10 gol dari 22 penampilan. Performa ini pun lantas membawanya masuk skuat Brasil di Piala Dunia 2018.

Bukan hal mengejutkan karena pelatih Tite memang mengandalkan Coutinho di lini serang bareng Neymar dan Gabriel Jesus. Sedari 2016, Coutinho punya 24 caps dan menorehkan 10 gol.

Bandingkan saat Brasil belum dilatih Tite, Coutinho cuma punya 13 caps dan satu gol. Dari 13 caps itu, Coutinho lebih banyak melakoninya sebagai pemain pengganti.

Coutinho pun lantas membuktikan pilihan Tite tak salah ketika dia mencetak gol perdana ke gawang Swiss pada pertandingan lalu, meski akhirnya harus berujung hasil imbang 1-1.

“Saya tidak suka membicarakan diri sendiri, saya tidak pernah berpikir seperti itu (soal jadi pemain bintang Brasil). Saya selalu ingin belajar, berkembang, dan melakukan yang terbaik selama kompetisi ini untuk mengejar misi kami, yakni titel juara,” ujar Coutinho dalam sesi jumpa pers di Yugi Sport Center, Sochi, Selasa (19/6) yang juga dihadiri detikSport.

 

sport-detik.com | Berita Bola, Prediksi Bola, Hasil Pertandingan, Jadwal Pertandingan, Skor Bola, Klasemen dan Transfer Pemain
Sumber : Detik.com

Pos Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *