Feyenoord Kampiun Belanda!

Feyenoord memastikan diri keluar sebagai jawara Eredivisie musim ini, setelah membekap Heracles 3-1 di laga terakhir.

Kemenangan 3-1 atas Heracles memastikan Feyenoord Rotterdam sebagai kampiun Eredivisie Belanda musim 2016/17, sementara rival terdekat mereka, Ajax Amsterdam, harus puas finis di posisi runner-up.

Selangkah lagi menuju juara, Feyenoord tampil menggebrak sejak menit awal dan mereka langsung unggul via Dirk Kuyt, satu menit setelah peluit kick-off dibunyikan. Mantan pemain Liverpool Kuyt menggandakan skor di menit ke-12 untuk membawa Feyenoord kian di atas angin.

Striker gaek Belanda ini benar-benar menjadi pahlawan timnya di laga terakhir, setelah ia menggenapkan hat-trick lewat tendangan penalti di babak kedua, sementara tim tamu Heracles hanya mendapat konsolasi ketika Peter van Ooijen membobol gawang tuan rumah di pengujung laga.

Dengan ini, Feyenoord memastikan diri sebagai juara usai mengoleksi 82 poin, unggul satu dari Ajax.

Kemenangan telak diraih ADO Den Haag kala menjamu Excelsior. Sheraldo Becker membuka skor untuk ADO di menit kedelapan, lalu Jeffry Fortes menyamakan kedudukan pada menit 20.

Tapi lima menit kemudian tuan rumah kembali unggul, kali ini via Mike Havenaar, beberapa saat sebelum Abdenasser El Khayati menutup babak pertama dengan skor 3-1. Wilfried Kanon menjadi pencetak gol terakhir di pertandingan ini pada menit 65, sekaligus memastikan ADO menang 4-1.

Sementara itu, hujan delapan gol terjadi dalam duel FC Twente dan Groningen. Groningen mengejutkan tuan rumah dengan mencuri gol lebih dulu lewat Bryan Linssen, namun Twente berhasil menyamakan skor di menit ke-19 via Dylan George. Brace Oussama Idrissi dan bunuh diri Stefan Thesker membuat Groningen unggul 4-1 saat jeda.

Penalti Mateusz Klich di menit ke-64 memperkecil ketinggalan, namun Groningen kian pede setelah Alexander Soerloth mencetak gol kelima untuk timnya, membuat sepakan Enes Unal di pengujung laga tak berarti banyak untuk Twente.

Meski kalah 5-3, Twente tetap finis peringkat ketujuh dan berhak lolos ke play-off Liga Europa musim depan.

Sukses mempermalukan AZ Alkmaar 3-2 memastikan Utrecht menempati posisi empat klasemen akhir dan berhak mengikuti play-off Liga Europa. Richairo Zivkovic memecah kebuntuan untuk Utrecht di menit ke-32, hanya semenit sebelum Jonas Svensson diganjar kartu merah. Zkaria Labyad membawa Utrecht unggung dua gol saat turun minum.

Di awal babak kedua tuan rumah AZ memperkecil ketinggalan setelah Marc van de Maarel melakukan gol bunuh diri, namun Nacer Barazite memastikan kemenangan 3-2 untuk tim tamu.

Sparta Rotterdam dipastikan tetap mentas di Eredivisie musim depan usai menang 3-1 atas tim juru kunci GO Ahead Eagles.

Namun, Sparta harus menunggu hingga menit ke-57 untuk membuka skor yang dicetak Martin Pusic. Laga kian sengit saat Darren Maatsen berhasil menyamakan kedudukan, tapi Pusic muncul sebagai pahlawan usai menuntaskan brace sepuluh menit sebelum  laga bubar.

PSV Eindhoven mengunci satu tiket Eropa berkat menang 4-1 atas PEC Zwolle. Di laga ini, PSV tertinggal lebih dulu lewat Ted van de Pavert yang bertahan sampai jeda.

Di babak kedua PSV tampil dominan dan empat kali menjebol gawang PEC Zwolle yang masing-masing dicetak Hector Moreno, Santiagp Arias, Sam Lammers dan Bart Ramselaar.

NEC Nijmegen menutup musim dengan kemenangan 2-0 atas Heerenveen, via gol-gol Arnaut Groeneveld dan Taiwo Awoniyi. Sayang, kemenangan ini tak serta merta mengangkat mereka dari zona merah. NEC dan Roda JC menempati posisi 16 dan 17, sehingga keduanya harus melalui laga play-off untuk memastikan apakah bisa bertahan atau harus degradasi.

Vitesse menang 3-0 atas Roda untuk mendapat satu tiket kualifikasi Liga Europa. Ricky van Wolfswinkel jadi pahlawan dengan dua golnya, sementara satu gol lain dicetak Lewis Baker. Roda sendiri harus menyudahi laga dengan sepuluh pemain menyusul kartu mera Mitchel Paulissen.

Harapan Ajax menjadi juara kandas di laga penutup, meski mereka menang 3-1 atas Willem II.

Ajax yang bermain menekan sejak menit awal baru bisa memecah kebuantuan setelah 38 menit lewat gol Kasper Dolberg. Tim yang baru saja lolos ke final Liga Europa ini menggandakan skor di awal babak kedua via Davinson Sanchez, lalu Davy Klaassen menjauhkan skor di menit ke-66.

Tuan rumah Willem hanya mampu memperkecil kedudukan lewat gol Jari Schuurman.

*Nantikan laporan selengkapnya…

 

sport-detik.com | Berita Bola, Prediksi Bola, Hasil Pertandingan, Jadwal Pertandingan, Skor Bola, Klasemen dan Transfer Pemain
Sumber : Goal.com ID

Pos Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *