Ini Sejumlah Aturan Berbeda di Liga 1 2018

Operator liga sepakbola Indonesia PT Liga Indonesia Baru (LIB) meyakini kompetisi Liga 1 2018 yang siap bergulir akhir bulan ini, bakal lebih semarak dibandingkan musim 2017. Persija Jakarta vs Bhayangkara FC akan menjadi pertandingan pembuka yang rencananya akan dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Jumat (23/3).

Direktur Utama PT LIB Berlinton Siahaan menyebut, salah satu yang melandasi keyakinan itu adalah masuknya tim-tim perserikatan yaitu PSMS Medan, PSIS Semarang dan Persebaya Surabaya yang promosi dari Liga 2 2017.

“Ketiga klub itu memiliki komunitas penggemar yang cukup besar. Karena itu saya yakin penontonnya lebih banyak,” ujar Berlinton di sela acara peresmian bergulirnya Liga 1 2018 di Studio 5 Indosiar, Jakarta, Senin (19/3).

Ia menyakini karena 18 klub yang mengikuti kompetisi Go-jek Traveloka ini diantaranya pernah menjadi juara di strata tertinggi kompetisi Tanah Air baik ketika era perserikatan, Galatama atau ketika keduanya digabung.

Baca Juga: Sudah di Puncak Klasemen, PSM Ingin Fokus di Sisa Delapan Laga

“Artinya, persaingan masa lalu, fanatisme suporter dan unsur teknis akan menjadi daya tarik sekaligus pembeda pada kompetisi tahun ini,” kata Berlinton.

Adapun di Liga 1 2018, total ada 306 pertandingan yang digelar mulai 23 Maret 2018 dan dijadwalkan hingga 9 Desember 2018. Dari jumlah tersebut ada 238 laga yang disiarkan secara langsung melalui stasiun televisi swasta nasional dan 68 pertandingan dapat disaksikan via layanan video daring di laman resmi Liga 1.

Liga 1 2018 sendiri menerapkan beberapa regulasi berbeda dibandingkan musim sebelumnya seperti tidak ada lagi kewajiban memainkan pemain U-23, tak ada lagi aturan pemain kelas dunia atau “marquee player”, sampai mengenai subsidi Rp 7,5 miliar yang distribusinya dilakukan terpisah yakni Rp 5 miliar serta Rp2,5 miliar.

“Untuk persiapan kompetisi, kami sudah membicarakannya dengan semua manajer klub peserta termasuk tentang jadwal dan regulasi baru. Kami berusaha semaksimal mungkin,” tutur Berlinton.

Berikut tim-tim peserta Liga 1 2018: Arema FC, Bhayangkara FC, Bali United, Barito Putera, Borneo FC, Madura United, Mitra Kukar, Persebaya, Persela, Perseru Serui, Persib, Persija, Persipura, PS TIRA, PSIS Semarang, PSM Makassar, PSMS Medan dan Sriwijaya FC.

 

sport-detik.com | Berita Bola, Prediksi Bola, Hasil Pertandingan, Jadwal Pertandingan, Skor Bola, Klasemen dan Transfer Pemain
Sumber : BeritaSatu.com

Pos Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *