Jose Mourinho Juga Terjerat Kasus Penggelapan Pajak di Spanyol

Manajer Manchester United, Jose Mourinho, ikut terseret kasus penggelapan pajak yang sedang disidik oleh Kantor Kejaksaan Spanyol. Mourinho dituding mengemplang pajak hingga 3,3 juta euro atau sekitar Rp 48,9 miliar saat dirinya menangani Real Madrid.

Mourinho menangani Real Madrid pada 2010-2013. Selama tiga musim bersama Real Madrid, dia hanya mampu membawa Madrid menjuarai Liga Spanyol pada musim 2011/2012, Piala Raja 2010/2011, dan Piala Super Spanyol 2012.

Jaksa penuntut di Spanyol menyebut Jose Mourinho sengaja menyembunyikan pendapatannya dari hak citra pada 2011 dan 2012. Pria asal Portugal itu sebelumnya sudah terkena masalah pajak di Spanyol pada 2015, yang membuat dia harus membayar dengan hingga 1,15 juta euro atau sekitar Rp 17 miliar.

Saat itu, Mourinho tak dianggap melanggar hukum karena dia langsung mengakuinya dan membayar denda. Namun penyelidikan lebih lanjut menunjukkan ternyata jumlah pajak yang disembunyikan Mourinho jauh lebih besar.

Soal modus yang digunakan, jaksa menduga ada kesamaan antara kasus Jose Mourinho dan pemain bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo. Mourinho diduga menyembunyikan pendapatannya itu melalui perusahaan cangkang. Kebetulan keduanya ditangani agensi pemain yang sama, Gestifute, yang dikomandoi oleh Jorge Mendes.

 

sport-detik.com | Berita Bola, Prediksi Bola, Hasil Pertandingan, Jadwal Pertandingan, Skor Bola, Klasemen dan Transfer Pemain
Sumber : Tempo.co

Pos Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *