Kenapa Liverpool dan MU Masih Berebut Posisi Kedua Liga Inggris?

Liverpool dan Manchester United atau MU masih berlomba untuk merebut posisi kedua di klasemen akhir Liga Inggris musim ini. Padahal, dengan duduk di posisi ketiga atau keempat mereka kini sudah tak lagi harus melakoni laga kualifikasi Liga Champions.

Berdasarkan format baru Liga Champions musim depan, tim posisi ketiga dan keempat dari tiga liga tertinggi di Eropa, dimana Inggris merupakan salah satunya, memang tak lagi harus bermain sejak babak kualifikasi. Mereka mendapatkan keistimewaan untuk langsung lolos ke putaran final.

Hal itu membuat Manajer MU Jose Mourinho sempat menyatakan dirinya merasa tak ada perbedaan jika pun nantinya berada di posisi keempat klasemen akhir. Meskipun demikian, dia tetap berharap bahwa timnya tetap berada di posisi kedua.

“Dari sisi prestis, hal itu (posisi kedua atau pun keempat) tak berbeda. Anda bisa bermain di Liga Champions dan bahkan di posisi keempat sekarang anda tak perlu lagi bermain di kualifikasi. Tetapi dari sisi personal, posisi kedua memang lebih baik ketimbang ketiga. Jadi kami akan mencoba untuk meraih posisi sebaik mungkin,” ujarnya usai Manchester United menang atas Chelsea akhir Februari lalu.

Pernyataan Jose Mourinho itu mungkin ada benarnya. Namun, laman Mirror menyebutkan bahwa sebenarnya ada uang besar yang diperebutkan Liverpool dan MU.

Liga Champions musim depan juga akan membedakan jumlah uang hak siar yang diterima oleh setiap negara. Jumlah uang itu akan dibagi ke tim-tim yang bertanding di Liga Champions dalam dua bagian.

Menurut Mirror, separuh uang itu akan dibagikan berdasarkan peringkat di klasemen akhir musim ini. Juara Liga Inggris akan mendapatkan hak siar 40 persen dari total dana untuk tim-tim Liga Inggris yang berlaga di Liga Champions. Posisi kedua mendapat 30 persen, posisi ketiga 20 persen dan keempat 10 persen.

Setengah bagian lainnya akan dibagikan berdasarkan berapa banyak pertandingan yang dijalani tim tersebut. Hal itu, menurut Mirror, menjelaskan kenapa Chelsea yang telah tersingkir sejak babak 16 besar mendapatkan uang jatah hak siar yang sama dengan Liverpool yang akan bermain di laga final.

Selain itu, Liga Inggris musim ini juga menawarkan hadiah uang berdasarkan di posisi mana sebuah tim mengakhiri musim. Artinya, baik Liverpool maupun MU sama-sama mengincar jatah uang yang lebih besar jika berhasil finish di posisi kedua.

 

sport-detik.com | Berita Bola, Prediksi Bola, Hasil Pertandingan, Jadwal Pertandingan, Skor Bola, Klasemen dan Transfer Pemain
Sumber : Tempo.co

Pos Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *