Klub-klub Eropa tolak penambahan peserta Piala Dunia

Organisasi yang mewakili klub-klub besar Eropa menolak usulan agar putaran final Piala Dunia diperluas dengan tambahan peserta.

Awal bulan ini, Presiden FIFA, Gianni Infantino, mengusulkan putaran final Piala Dunia diikuti oleh 48 tim, yang dibagi dalam 16 grup dengan masing-masing terdiri dari tiga tim.

Itu berarti tambahan 16 tim mengingat sejak tahun 1998 babak final Piala Dunia sudah diikuti 32 peserta dengan delapan grup dan empat tim untuk setiap grup.

Namun Asosiasi Klub Eropa (ECA) mengatakan jumlah pertandingan saat ini dalam satu tahun sudah berada dalam tingkat ‘yang tidak bisa diterima’.

“Kami mendesak FIFA untuk tidak meningkatkan jumlah peserta Piala Dunia,” kata Ketua ECA, Karl-Heinz Rummenigge, mantan pemain yang ikut memperkuat Jerman Barat dan Jerman di Piala Dunia 1982 dan 1986.

Rummenigge menambahkan, “Kita harus memusatkan kembali ke olahraga. Politik dan bisnis sebaiknya tidak menjadi prioritas yang eksklusif dalam sepak bola.”

FIFA masih akan membahas usulan Infantino dalam pertemuan tanggal 9 Januari mendatang.

Infantino menjadikan penambahan peserta di babak final Piala Dunia sebagai manifestonya dalam kampanye pemilihan presiden FIFA, dengan alasan agar lebih banyak negara yang mendapat peluang bertanding di kejuaraan penting yang amat populer itu.

Penambahan jumlah peserta Piala Dunia dilakukan tahun 1998, menjadi 32 dari awalnya 24 negara.

Bagaimanapun jika memang kelak ditempuh perubahan lagi maka tidak akan diwujudkan sebelum Piala Dunia 2026.

ECA mewakili lebih dari 200 klub di Eropa, termasuk klub-klub raksasa seperti Real Madrid, Barcelona, Juventus, Bayern Muenchen, Manchester United, dan Chelsea.

 

sport-detik.com | Berita Bola, Prediksi Bola, Hasil Pertandingan, Jadwal Pertandingan, Skor Bola, Klasemen dan Transfer Pemain
Sumber : TribunNews.com

Pos Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *