Lengkapi Album Panini Piala Dunia 2018 Bisa Habiskan Rp 14,9 juta

Album stiker Panini telah menjadi sensasi mendunia selama beberapa dekade. Setiap gelaran Piala Dunia, Panini diburu penggemarnya untuk mencoba melengkapi album stiker tersebut.

Tak terkecuali dengan tahun ini. Panini juga mengeluarkan sebuah album dengan edisi khusus Piala Dunia 2018.

Untuk melengkapi album Panini, pemain harus mengumpulkan semua stiker dengan membeli paket stiker. Satu paket tersebut terdiri atas beberapa stiker yang bersifat acak.

Seorang profesor mencoba menghitung berapa biaya yang harus dikeluarkan seseorang untuk melengkapi album stiker Panini edisi Piala Dunia tahun ini.

Paul Harper telah menghitung dengan berbagai kemungkinan. Menurut Harper, total biaya yang harus dikeluarkan seseorang adalah Rp 14,9 juta.

“Sebenarnya biaya yang harus dikeluarkan hanyalah Rp 2,1 juta dari membeli 137 kotak stiker, namun itu tidak mungkin,” kata Harper dikutip dari Independent.

Menurut profesor dari Universitas Cardiff ini, trik yang harus digunakanan untuk menekan biaya adalah dengan mengajak banyak orang untuk bermain.

“Bermain dengan orang lain, maka kamu bisa bertukar stiker. Jika kamu bermain dengan sepuluh orang, biaya yang akan kamu keluarkan hanya Rp 4,7 juta,” ujar Harper menambahkan.

Menurut Harper untuk melengkapi album Panini biaya yang dibutuhkan semakin besar setiap tahunnya. Harper juga hanya sekali melengkapi album Panini nya.

“Saya masih ingat, saat aku melengkapi album pertama Panini saat Piala Dunia 1982 di Spanyol,” ucap Harper.

“Sekarang menjadi sangat mahal, karena Panini menjadi lebih kreatif,”tutur Harper.

Album Panini ini juga sempat hadir di Indonesia, tetapi tak lagi dirilis dalam beberapa edisi terakhir. Khusus edisi Piala Dunia, pertama kali ada pada Meksiko 1986.

sport-detik.com | Berita Bola, Prediksi Bola, Hasil Pertandingan, Jadwal Pertandingan, Skor Bola, Klasemen dan Transfer Pemain
Sumber : Kompas.com

Pos Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *