Liga Spanyol: 10 Hal yang Diperebutkan Sebelum Akhir Musim

Dengan menyisakan sembilan pertandingan lagi, kompetisi La Liga Spanyol kemungkinan besar dimenangkan Barcelona. Atletico Madrid, Real Madrid, dan Valencia menyertai Barca sebagai peraih tiket ke Liga Champions musim depan.

Tapi, masih ada sejumlah hal yang mesti diselesaikan dalam Liga Spanyol musim ini. Berikut catatannya.

  1. Degradasi:

Empat tim berjuang untuk bisa keluar dari zona degradasi. Tapi, Malaga, yang berada di urutan terbawab, ke-20, paling berat peluangnya karena baru meraih nilai 14 atau berjarak 13 poin dari Levante di tepi jurang degradasi, yaitu urutan ke-17.

Levante memenangi dua laga terakhirnya. Mereka tampaknya susah dikejar Las Palmas dan Deportivo La Coruna, urutan ke-18 dan 19, yang sama-sama tampil buruk pada beberapa pertandingan terakhir.

Baca Juga: Osvaldo Haay Bisa Jadi Solusi Lini Depan Persebaya

  1. Tujuh tim berebut tiket Liga Europa:

Dengan pemegang tiket ke Liga Champions sudah dipastikan pemiliknya, ada tujuh tim yang berebut posisi kelima dan enam, yaitu  Villarreal, Sevilla, Girona, Betis, Getafe, Celta, dan Eibar untuk bisa tampil di Liga Europa.

  1. Perebutan urutan kedua:

Perebutan posisi runner-up akan terjadi, yaitu Atletico Madrid menghadapi tekanan untuk mempertahankan posisinya dari ancaman  Real Madrid dan Valencia. Apalagi, para pemain tim asuhan pelatih Diego Simeone itu sedang banyak yang mengalami cedera.

  1. Apakah Betis akan di finis di depan Sevilla?

Ada banyak rivalitas dari dua tim kawasan Andalusia ini.  Sevilla sementara memimpin dengan menempati urutan keenam. Sedangkan Betis di peringkat kedelapan. Sevilla ini yang menyingkirkan Manchester United di Liga Champions musim ini.

  1. Kapan Barcelona akan memenangi gelar?

Rekor untuk memenangi gelar adalah lima pertandingan sebelum akhir musim dan hal itu terjadi lima kali. Empat kali di antaranya oeh Real Madrid dan Barcelona sekali.

Masih ada 27 poin yang diperebutkan dan Barcelona memimpin dengan 11 angka.

  1. Hanya dua tim yang finis musim ini tanpa terkalahkan:

Barcelona bisa menjadi tim ketiga yang finis pada musim ini tanpa terkalahkan. Hal itu sebelumnya diraih Athletic Club (1929/30) dan Real Madrid (1931/32).

  1. Barcelona mengejar rekor Real Sociedad:

Real Sociedad menjalani 32 pertandingan tanpa jalah dalam musim 1979/80. Tim Barca asuhan Ernesto Valverde tinggal butuh tiga pertandingan lagi untuk menyamai rekor itu.

  1. Pichichi:

Lionel Messi awalnya unggul jauh dalam daftar pencetak gol terbanyak La Liga musim ini. Tapi, Cristiano Ronaldo kemudian menyusul. Sekarang Messi 25 gol dan Ronaldo 22.

  1. Zamora:

Kiper Marc-Andre ter Stegen dari Barcelona dan kiper Atletico Madrid, Jan Oblak, bersaing ketat sebagai kiper terbaik, yang paling sedikit kebobolan. Kiper Barcelona itu sementara memimpin dengan 13 diikuti kiper Atletico itu 14.

  1. Girona memburu predikat sebagai tim debutan terbaik di La Liga:

Girona akan berusaha lebih baik dari Albacete dalam musim 1991/92, yang finis di urutan ketujuh setelah memenangi 14 pertandingan.

 

sport-detik.com | Berita Bola, Prediksi Bola, Hasil Pertandingan, Jadwal Pertandingan, Skor Bola, Klasemen dan Transfer Pemain
Sumber : Tempo.co

Pos Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *