Lima Hal Penting Dari Kemenangan Liverpool Atas Manchester City Di Liga Champions

Apa saja lima fakta penting yang patut Anda ketahui dari keberhasilan Liverpool membungkam Man City pada leg kedua perempat-final Liga Champions?

Liverpool sekali lagi memamerkan superioritas di hadapan Manchester City, melempar pasukan Pep Guardiola dari arena Liga Champions. Setelah menang telak 3-0 dalam pertemuan pertama perempat-final di Anfield, Liverpool membungkam Citizens 2-1 di Etihad pada leg penentuan. Ini adalah kekalahan ketiga beruntun untuk City dalam sepekan.

Tertinggal satu gol di babak pertama, laskar Jurgen Klopp menjaga ketenangan dan berhasil membalikkan keadaan sehabis turun istirahat. Liverpool menghukum City melalui aksi Mohamed Salah dan Roberto Firmino usai memanfaatkan kesalahan fatal Ederson dan Nicolas Otamendi.

Rekor-rekor berjatuhan untuk Liverpool seturut kemenangan agregat 5-1 ini. Pantaslah mereka mengemban status sebagai wakil terakhir Inggris di panggung terakbar Eropa musim ini.

Berikut ini lima fakta penting yang patut Anda ketahui dari keberhasilan Liverpool membungkam City di Etihad:

Baca Juga: Hasil Lengkap UEFA Nations League, Dua Negara Dipastikan Degradasi


Semi-Final Liga Champions Kesepuluh Untuk Liverpool


Ini adalah kali kesepuluh Liverpool mampu menembus semi-final kompetisi nomor satu Benua Biru. Di antara klub-klub Inggris, jumlah ini hanya kalah banyak dari Manchester United yang mencatatkan 12 partisipasi di empat besar.

The Reds menyerap tekanan deras dari skuat Guardiola, yang hanya bisa melesakkan satu gol via Gabriel Jesus terlepas dari dominasi mereka pada leg kedua ini. Tendangan Bernardo Silva mengenai tiang, sementara gol Leroy Sane dianulir lantaran off-side. Kontrol bola City hanya jadi kekuasaan semu.


Tiga Kemenangan Dalam Semusim Kontra Tim Pep Guardiola


Keunggulan 2-1 ini juga berarti The Reds tampil sebagai klub pertama yang tiga kali memaksa tim asuhan Guardiola menyerah dalam satu musim kompetisi.

Armada Klopp menundukkan Citizens di Anfield dalam laga seru yang berakhir 4-3 di Liga Primer Inggris, sebelum mencetak skor komprehensif 3-0 pada leg pertama perempat-final Liga Champions. Liverpool membuktikan diri sebagai nemesis untuk City yang sejatinya tampil begitu dominan di liga.


Jurgen Klopp Momok Pep Guardiola


Tidak hanya di tingkat kolektif, pada level personal juga tercipta rekor buat Klopp, yang semakin unggul dalam head-to-head versus Guardiola. Kini arsitek tim asal Jerman itu telah tujuh kali menang adu taktik melawan Pep, lebih banyak dari pelatih lainnya.

Rekor ini mencakup pula kemenangan yang dibukukan Klopp sebagai bos Borussia Dortmund tatkala berhadapan dengan Bayern Munich besutan Guardiola. Tiga dari tujuh kemenangan tersebut tentunya datang pada musim ini.


Duo Maut Roberto Firmino & Mohamed Salah


Roberto Firmino serta Mohamed Salah sama-sama telah mengepak delapan gol di Liga Champions musim ini, sebuah rekor baru untuk pemain Liverpool di kompetisi ini.

Firmino dan Salah adalah duo maut yang saling melengkapi, kerap mencetak gol di momen-momen krusial dan mengubah laga. Besama, Sadio Mane, dua penyerang asal Brasil dan Mesir tersebut menjadi tumpuan utama lini depan The Reds yang melakoni musim brilian pada 2017/18.


Liverpool Paling Gahar Di Liga Champions


Kubu Anfield telah menggelontorkan 33 gol di Liga Champions musim ini, rekor terproduktif yang dibuat klub Inggris dalam satu gelaran kompetisi.

Ketajaman Liverpool memecahkan rekor sebelumnya milik seteru abadi mereka, Manchester United, yang mengoleksi 32 di Liga Champions 2002/03.

Gol yang membawa Si Merah menyamai rekor United lahir dari aksi sang bintang Mohamed Salah, yang menyeimbangkan kedudukan 1-1 kontra City di menit ke-56. Berselang 20 menit, giliran Roberto Firmino mencatatkan nama di papan skor guna memastikan keunggulan tim 2-1 dan lolos lewat agregat 5-1.

 

sport-detik.com | Berita Bola, Prediksi Bola, Hasil Pertandingan, Jadwal Pertandingan, Skor Bola, Klasemen dan Transfer Pemain
Sumber : Goal.com ID

Pos Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *