Messi Cetak Gol, Argentina Lolos ke Fase Knockout

Argentina berjuang dengan keringat dan darah untuk lolos dari lubang jarum dan bisa melanjutkan kiprah mereka di Piala Dunia setelah menaklukkan Nigeria dalam laga terakhir Group D, berkat gol penentu bek Marcos Rojo, Selasa (26/6) malam waktu Rusia atau Rabu dini hari WIB.

Selain itu, jutaan penggemar Lionel Messi akhirnya bisa menyaksikan idola mereka mencetak gol dengan cara yang cukup indah pula di turnamen ini.

Sang kapten membuka keunggulan timnya di menit ke-14 setelah menerima umpan, mengontrol bola dengan pahanya dan melakukansprint ke arah gawang, mengecoh bek, dan kemudian menembak akurat ke gawang sambil memiringkan badan.

Baru lima menit babak kedua, Nigeria mendapat hadiah penalti akibat tekel sembrono yang dilakukan Javier Mascherano. Victor Moses sukses mengeksekusi penalti, 1-1.

Hasil imbang tidak cukup bagi Argentina, sehingga mereka bermain terbuka dan Mascherano dengan pelipis berdarah karena benturan dengan lawan harus sering sendirian menghalau serangan.

Beruntung bagi mereka, sejumlah peluang emas yang diperoleh Nigeria gagal membuahkan gol. Di pihak lain, serangan beruntun Argentina juga sia-sia, termasuk Higuain yang berdiri bebas di kotak penalti tetapi tendangannya jauh dari mistar gawang.

Tidak disangka justru pengubah keadaan adalah pemain belakang Rojo, yang menyambut umpan silang Gabriel Mercado dengan tendangan first time jarak jauh dan melesat kencang masuk ke pojok’gawang Nigeria.

Gol indah bek Manchester United di menit ke-86 itu disambut gembira oleh penonton dan Stadion Saint Petersburg menjadi seperti milik Argentina. Messi juga tak bisa menahan kegembiraannya. Dia langsung melompat ke punggung Rojo yang masih berlari untuk melakukan selebrasi di pinggir lapangan.

Messi sempat mendapat kartu kuning di penghujung pertandingan karena mengulur waktu.

Begitu peluit akhir terdengar, para pemain Argentina dan ofisial tim menyerbu tengah lapangan untuk merayakan keberhasilan mereka lolos, di tengah gemuruh sorakan para penonton.

Pelatih Jorge Sampaoli membuat lima perubahan pemain dari tim yang dihancurkan Kroasia 0-3, termasuk dengan memasang kiper Franco Armani setelah blunder yang dilakukan Willy Caballero.

Namun penyerang Sergio Aguero harus menunggu 80 menit dan dua pergantian pemain sebelum akhirnya masuk lapangan.

Kepastian Argentina lolos ke 16 besar ditentukan oleh pertandingan lain di mana juara Group D Kroasia menaklukkan Islandia 2-1. Sebelum pertandingan, Argentina, Nigeria, dan Islandia harus berebut satu tiket untuk menemani Kroasia ke fase sistem gugur atau knockout, dan Nigeria sebetulnya hanya butuh hasil imbang.

Klasemen akhir Gorup D Kroasia memimpin dengan 9 poin, Argentina 4 poin, Nigeria 3 poin, dan Islandia 1 poin.

Argentina akan menghadapi juara Group C Prancis hari Sabtu nanti, sementara Kroasia melawan Denmark.

 

sport-detik.com | Berita Bola, Prediksi Bola, Hasil Pertandingan, Jadwal Pertandingan, Skor Bola, Klasemen dan Transfer Pemain
Sumber : BeritaSatu.com

Pos Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *