Mourinho: Bukan Saya yang Menjual Salah, tapi Chelsea

Jose Mourinho tak mau dikambinghitamkan atas perginya Mohamed Salah dari Chelsea. Menurut Mourinho, Chelsea-lah yang memutuskan untuk menjual Salah, bukan dirinya.

Mourinho adalah orang yang mendatangkan Salah ke Inggris untuk pertama kalinya. Saat masih menjadi manajer Chelsea, dia memboyong winger asal Mesir itu dari Basel pada Januari 2014.

Selama setahun di Chelsea, Salah tak mendapatkan banyak kesempatan bermain dari Mourinho. Dia akhirnya dipinjamkan ke klub Serie A, Fiorentina.

Penampilan Salah meroket di Italia. Setelah bersinar di Fiorentina, dia dipinjam AS Roma pada awal musim 2015/2016. Roma kemudian membelinya dari Chelsea setahun kemudian.

Nama Salah benar-benar menanjak setelah dia bergabung dengan Liverpool pada awal musim ini. Pemain berusia 25 tahun itu sudah mencetak 43 gol dalam 47 laga bersama The Reds. Berkat performanya yang luar biasa itu, Salah telah diganjar penghargaan Pemain Terbaik Liga Inggris versi PFA.

Mourinho, yang sekarang menjadi manajer Manchester United, mengklaim Chelsea-lah yang memutuskan untuk menjual Salah. Tapi, Mourinho juga menyebut Salah saat itu memang belum siap untuk berkompetisi di Premier League.

“Ini adalah pertama kalinya saya akan mengatakan ini, tapi ini adalah ketidakadilan lain yang dibicarakan mengenai saya. Orang-orang mengatakan bahwa saya adalah orang yang menjual Salah, padahal sebaliknya. Sayalah yang membeli Salah,” ujar Mourinho kepada¬†ESPN Brasil.

“Yang terjadi sebaliknya. Sayalah yang membeli Salah. Saya adalah orang yang meminta Chelsea untuk membeli Salah. Salah datang ke Chelsea ketika saya yang menjadi manajer. Tapi, dia datang sebagai pemain muda, belum siap secara fisik dan mental, kesulitan secara sosial dan kultural, segalanya berat buat dia.”

“Kami memutuskan untuk meminjamkannya dan dia juga meminta itu. Dia ingin lebih banyak bermain, ingin matang, dia ingin pergi dan kami meminjamkannya ke Fiorentina dan di Fiorentina dia mulai matang. Chelsea memutuskan untuk menjualnya, OK?”

“Dan ketika mereka mengatakan bahwa saya adalah orang yang menjualnya, itu merupakan sebuah kebohongan. Saya membelinya. Saya sepakat untuk meminjamkannya, saya pikir itu perlu, saya pikir Chelsea sudah punya cukup winger. Beberapa di antaranya masih di sana, seperti Willian, (Eden) Hazard, dan mereka semua adalah pemain yang sudah berada di level berbeda.”

“Jadi, keputusan untuk meminjamkannya adalah keputusan yang kami buat bersama-sama. Tapi, setelah itu, keputusan untuk menjualnya dan memakai uangnya untuk membeli pemain lain bukan keputusan saya.”

“Tapi, meski itu keputusan saya, dalam sepakbola kita sering membuat kesalahan. Sangat sering terjadi beberapa pemain berkembang di luar dugaan, pemain-pemain lainnya tak mencapai level seperti yang kami kira. Jadi, saya pikir ini bukanlah sebuah kesalahan, ini cuma bagian dari pekerjaan.”

“Tapi, secara efektif sayalah yang membeli Salah, saya tak menjual Salah, tapi itu tak penting. Yang penting dia adalah seorang pemain fantastis, dan saya sangat gembira untuk segala yang terjadi padanya dan terutama karena dia mencetak gol ke gawang semua tim dan dia tak mencetak gol ke gawang kami dalam dua pertandingan,” kata Mourinho.

 

sport-detik.com | Berita Bola, Prediksi Bola, Hasil Pertandingan, Jadwal Pertandingan, Skor Bola, Klasemen dan Transfer Pemain
Sumber : Detik.com

Pos Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *