Mungkinkah 6 Tim dari Liga Inggris Berlaga di Liga Champions 2018-2019?

Liga Champions dan Liga Eropa 2017-2018 telah sampai pada babak semifinal, di mana terdapat dua tim dari Liga Inggris, yakni Liverpool di Liga Champions dan Arsenal di Liga Eropa. Akan menarik jika Liverpool dan Arsenal yang menjadi juara pada dua kompetisi tersebut, karena itu artinya Liga Inggris akan memiliki lima atau bahkan enam tim di Liga Champions musim depan.

Di Liga Inggris baru Manchester United dan Manchester City yang memastikan diri tampil di Liga Champions musim depan. Man City yang berpredikat sebagai juara berhak atas satu tempat di fase grup Liga Champions diikuti rival sekotanya, Man United, yang ada di posisi kedua.

Sementara itu, untuk posisi ketiga sampai keempat masih diperebutkan oleh empat tim yakni, Liverpool, Tottenham Hotspur, Chelsea, dan Arsenal. Keempat tim tersebut secara matematis masih memiliki kemungkinan masuk ke jajaran empat besar dan tampil di Liga Champions musim depan.

Berdasarkan klasemen sementara, peluang terbesar ada di tangan Liverpool dan Spurs yang berada di posisi ketiga dan keempat, tanpa mengecilkan peluang Chelsea serta Arsenal. Akan tetapi, semua dapat terjadi dalam sepakbola dan bisa saja Liverpool keluar dari jajaran empat tim teratas bersama dengan Arsenal, yang memiliki selisih poin paling jauh.

Apabila hal itu terjadi, maka kedua tim tersebut punya keharusan menjadi juara di Liga Champions serta Liga Eropa demi dapat tampil di Liga Champions 2018-2019. Jika hal tersebut dapat terwujud, artinya Liverpool dan Arsenal berhak tampil di Liga Champions musim depan.

Seperti yang dilansir dari Sportskeeda, Rabu (2/5/2018),  itu tidak berarti bahwa Liga Inggris memiliki enam tim yang berlaga di Liga Champions musim depan. Hal itu dikarenakan aturan dari UEFA yang hanya memperbolehkan tiap liga diwakili oleh maksimal lima tim.

Hal ini sesungguhnya pernah terjadi sebelumnya di Liga Inggris musim 2011-2012, ketika Chelsea sebagai juara Liga Champions hanya mampu mengakhiri musim pada posisi keenam. Alhasil, tim yang ada pada posisi keempat, yakni Spurs, harus rela turun ke Liga Eropa. Pada waktu itu tiap liga hanya dapat diwakili empat tim, sedangkan saat ini lima.

Dengan aturan seperti itu, maka tidak mungkin Liga Inggris mengirimkan enam wakil karena hanya lima tim yang diperbolehkan. Alhasil, penghuni peringkat keempat akan kembali dikorbankan untuk turun ke Liga Eropa, sedangkan lima tim lainnya akan tampil di Liga Champions musim depan.

 

sport-detik.com | Berita Bola, Prediksi Bola, Hasil Pertandingan, Jadwal Pertandingan, Skor Bola, Klasemen dan Transfer Pemain
Sumber : Okezone.com

Pos Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *