Pertahanan Liverpool Tetap Jadi Titik Lemah

Liverpool berhasil memenangi laga pekan ke-18 Liga Primer Inggris melawan Stoke City dengan skor 4-1, Rabu dinihari tadi, 28 Desember 2016. Meskipun menang telak, lini belakang The Reds tetap menjadi sorotan.

Ketiadaan penjaga gawang yang tangguh masih menjadi masalah utama Liverpool. Liverpool sempat kecolongan gol lebih dahulu pada menit awal pertandingan, lewat tandukan Jonathan Walters.

Gol Walters itu merupakan kesalahan dari penjaga gawang Simon Mignolet yang tak memiliki refleks cukup cepat untuk menghalau tandukan itu. Selain itu, Mignolet tampak ragu, apakah ingin memotong umpan silang dari sisi kanan pertahanannya itu atau tidak. Hal itu membuat dia tak berada dalam posisi yang ideal saat menyambut tandukan yang membawa Stoke unggul 1-0.

Kesalahan Mignolet itu bukan yang pertama kalinya. Dia bahkan sempat tergusur dari posisi penjaga gawang utama The Kopp musim ini dan digantikan Loris Karius. Namun, sama seperti Mignolet, Karius juga kerap melakukan kesalahan elementer yang membuat dia menjadi bahan cemoohan suporter.

Selain itu, pertahanan Liverpool sempat kehilangan konsentrasi saat mengawal pergerakan mantan pemainnya sendiri, Joe Allen. Pemain asal Wales itu dengan mudah mengecoh tiga pemain Liverpool sebelum melepaskan umpan ke depan.

Beruntung bagi Liverpool, peluang itu tak menjadi gol. Mereka juga patut bersyukur karena Stoke tampak kehabisan tenaga setelah paruh pertama. Jika tidak, mungkin nasib Roberto Firmino cs akan sama seperti saat melawan Bournemouth.

Secara statistik, masalah di lini belakang Liverpool memang sangat nyata. Dalam 10 laga terakhir, skuad asuhan Juergen Klopp telah kebobolan 10 kali. Meskipun mengantongi 5 kali clean sheet, torehan 10 gol itu tentu saja bukan hal yang menggembirakan.

Karena itu, mencari penjaga gawang yang tangguh merupakan pekerjaan rumah bagi Klopp dalam bursa transfer Januari mendatang. Masalahnya, pada bursa transfer di tengah musim seperti ini, tak banyak penjaga gawang tangguh yang tersedia. Sekalipun ada, harganya pasti akan sangat mahal.

 

sport-detik.com | Berita Bola, Prediksi Bola, Hasil Pertandingan, Jadwal Pertandingan, Skor Bola, Klasemen dan Transfer Pemain
Sumber : Tempo.co

Pos Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *