Pesepak Bola Dinilai Butuh Bantuan untuk Jaga Kesehatan Mental

Mantan gelandang timnas Wales, David Cotterill mengatakan bahwa kesehatan mental pesepak bola profesional masih perlu lebih diperhatikan lagi. Dia menilai kesehatan mental sama pentingnya dengan kebugaran fisik seorang pemain.

Cotterill bicara dalam ajang International Player Care Conference soal perjuangannya melawan depresi. Dia menegaskan bahwa pesepak bola sebenarnya perlu dukungan besar untuk mengatasi tekanan internal dan eksternal.

Tak hanya itu, Cotterill juga bersaksi ada beberapa pelaih yang memperlakukan pemainnya sebagai alat, bukan sebagai manusia. Kondisi ini perlu diperhatikan lebih lanjut, sebab sepak bola adalah olahraga terbesar di dunia saat ini.

Cotterill merasa pesepak bola berhak tidak bermain jika merasa mentalnya tak kuat. Baca komentar selengkapnya di bawah ini:

Masih Kurang

Masalah mentalitas ini memang sudah menjadi perhatian klub dan pemain dalam beberapa tahun terakhir, namun Cotterill merasa perkembangan sejauh ini masih belum cukup. Dia yakin banyak pemain yang takut berbicara karena bisa mengancam posisinya dalam tim.

“Para pemain kesulitan membicarakannya dan meskipun semuanya telah menuju arah yang benar, saya merasa masih ada banyak hal yang perlu diperhatikan,” ungkap Cotterill di Sky Sports.

“Khususnya dalam industri sepak bola, saya pikir banyak orang yang takut mengatakan isi pikirannya karena meraka tak mau membahayakan posisi mereka di dalam tim. Perlu ada lebih banyak bantuan, khususnya di level klub.”

Konselor Mental

Oleh sebab itu, Cotterill merasa setiap klub wajib memliki konselor mental yang bisa membantu pemain dalam kesulitan. Tak hanya fisik yang perlu diperhatikan, masalah mental justru lebih sulit diatasi.

“Saya pikir perlu ada konselor di setiap klub mulai dari pemain akademi sampai tim utama. Namun tetap perlu menjaga kerahasiaan informasi dan memastikan masalah itu tak diketahui pelatih.”

“Jika pemain mengatakan pada pelatih mereka: ‘saya tak stabil secara mental untuk akhir pekan ini’, maka pelatih tidak akan memainkannya pada hari Sabtu,” tutupnya.

 

sport-detik.com | Berita Bola, Prediksi Bola, Hasil Pertandingan, Jadwal Pertandingan, Skor Bola, Klasemen dan Transfer Pemain
Sumber : Bola.net

Pos Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *