Potensi Guardiola Rombak Pertahanan saat Man City Jamu Liverpool

Pelatih Manchester City, Josep Guardiola, disebut-sebut akan merombak komposisi bek tengah timnya saat menjamu Liverpool di leg II perempatfinal Liga Champions 2017-2018, Rabu 11 April 2018 dini hari WIB. Hal itu berpotensi dilakukan Guardiola karena dalam dua laga terakhir, gawang The Citizens –julukan Man City– kemasukan enam gol.

Man City memiliki pertahanan kukuh musim ini. Ambil contoh di Liga Inggris 2017-2018, yang mana mereka baru kemasukan 24 kali dari 32 penampilan, atau yang terendah dibanding 19 kontestan lainnya.

Akan tetapi, kekukuhan gawang Man City yang dikawal Ederson Moraes seakan tak berbekas saat mentas di leg I perempatfinal Liga Champions kontra Liverpool, dan juga Manchester United di pekan 33 Liga Inggris akhir pekan lalu. Pada leg I kontra Liverpool, gawang Man City kemasukan tiga kali hingga akhirnya takluk 0-3.

 

Selanjutnya saat bertemu Man United tiga hari berselang, lagi-lagi Man City kebobolan tiga gol dan pada akhirnya takluk 2-3. Saat itu, bukan Ederson yang menjadi sorotan. Duet bek tengah Man City, Vincent Kompany dan Nicolas Otamendi yang dinilai tak mampu mengatasi pergerakan dari pemain-pemain lawan.

Akan tetapi ketimbang Kompany, Otamendi lebih berpeluang untuk digeser ke bangku cadangan saat menghadapi Liverpool dini hari nanti. Bek berpaspor Argentina itu membuat beberapa blunder saat Man City dikalahkan Man United, terutama gol ketiga Setan Merah yang dicetak Chris Smalling.

Saat itu, Otamendi melepas Smalling sehingga bek Tim Nasional (Timnas) Inggris itu membobol gawang Man City, usai menerima umpan tendangan bebas Alexis Sanchez. Aymeric Laporte dan John Stones jadi dua pemain yang berpotensi menggantikan posisi Otamendi. Meski begitu, Guardiola memuji Otamendi sebagai bek tangguh.

 

“Mungkin saya sudah memiliki ide soal apa yang akan kami lakukan di laga nanti. Akan tetapi dalam kasus Nico (Otamendi), ketika seorang pemain melakukan apa yang ia bisa lakukan, yang bisa kami lakukan adalah mendekat dengannya. Sebab Nico tidak hanya memiliki kualitas, namun juga mentalitas,” kata Guardiola mengutip dari Sportsmole, Selasa (10/4/2018).

Pertahanan rapat memang wajib ditunjukkan Man City di laga nanti. Sebab untuk lolos ke semifinal, Manchester Biru wajib menang empat gol tanpa balas atas Liverpool racikan Jurgen Klopp.

 

sport-detik.com | Berita Bola, Prediksi Bola, Hasil Pertandingan, Jadwal Pertandingan, Skor Bola, Klasemen dan Transfer Pemain
Sumber : Okezone.com

Pos Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *