PREVIEW Babak 16 Besar: Belgia – Jepang

Rekor sempurna Belgia sejauh ini bakal menjadi ujian tangguh bagi Jepang yang ingin memecahkan sejarah lolos ke perempat-final.

Belgia akan kembali melanjutkan kampanye positif mereka di Piala Dunia 2018 dengan menghadapi Jepang di babak 16 besar dalam laga yang digelar di Rostov Arena, Rabu (4/7) dini hari WIB.

Roberto Martinez bakal menurunkan skuat terbaiknya setelah melakukan rotasi besar-besaran dalam laga terakhir Grup G. Meski tampil dengan mayoritas pelapis, mereka tetap mampu meraih kemenangan 1-0 atas Inggris untuk finis grup dengan 100 persen kemenangan.

Pasukan Red Devils menargetkan lolos ke perempat-final untuk pertama kalinya sejak 1986, sementara di sisi lain Jepang ingin memecahkan rekor melangkah lebih jauh dari 16 besar, hal yang belum pernah mereka lakukan dalam sejarah lima kali tampil di Piala Dunia.

Belgia bisa menampilkan nyaris seluruh penggawa terbaik mereka kecuali pahlawan kemenangan atas Inggris, Adnan Januzaj yang mengalami memar pada lututnya. Kabar positifnya adalah semakin membaiknya kapten Vincent Kompany.

“Januzad mendapatkan sedikit cedera saat latihan, tidak serius. Tapi lutunya sedikit memar dan kami harus mengevaluasi kondisi fisiknya,” ungkap Martinez.

Jepang lolos dari lubang jaruh Grup H, menyegel tiket ke babak 16 besar meski kalah 1-0 dari Polandia di laga terakhir. Kepastian melajunya mereka tak lepas dari kekalahan yang dialami Senegal dari Kolombia, hingga membuat wakil Asia lolos berkat aturan fair play.

Saat menghadapi Polandia, pelatih Akira Nishino menurunkan banyak pelapis. Tapi melawan Belgia, dipastikan Samurai Biru membawa kekuatan penuh termasuk kapten Makoto Hasebe, Shinji Kagawa dan Yuya Osako yang dicadangkan pada laga terakhir.

Satu-satunya yang bermasalah adalah Shinji Okazaki, sang bomber Leicester City mengalami masalah pada engkelnya sejak turnamen dimulai dan tak mampu bermain penuh dalam laga terakhir kontra Polandia.

“Belgia adalah tim kelas dunia dan menjadi tantangan fantastis bagi kami,” ujar Nishino. “Kami harus melakukan analisis yang bagus dan menyiapkan tim serta mengambil keputusan tentang strategi apa yang akan kami terapkan untuk laga tersebut.”

PRAKIRAAN SUSUNAN PEMAIN:

Belgia (3-4-3): Thibaut Courtois; Jan Vertonghen, Vincent Kompany, Toby Alderweireld; Axel Witsel, Kevin De Bruyne, Yannick Carrasco, Thomas Meunier; Dries Mertens, Eden Hazard; Romelu Lukaku.

Jepang (4-2-3-1): Eiji Kawashima; Hiroki Sakai, Maya Yoshida, Gen Shoji, Yuto Nagatomo; Makoto Hasebe, Gaku Shibasaki; Genki Haraguchi, Shinji Kagawa, Takashi Inui; Yuya Osako.

 

sport-detik.com | Berita Bola, Prediksi Bola, Hasil Pertandingan, Jadwal Pertandingan, Skor Bola, Klasemen dan Transfer Pemain
Sumber : Goal.com ID

Pos Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *