PREVIEW Liga 1: Persebaya Surabaya – PSM Makassar

Djanur tidak merasa Persebaya sebagai pembunuh raksasa, sedangkan Rene Alberts antisipasi agresivitas tuan rumah.

Meski memiliki catatan positif bila bertemu tim papan atas, pelatih Persebaya Surabaya Djadjang Nurdjaman tidak ingin terlena, dan tetap mewaspadai PSM Makassar saat bertarung di Stadion Gelora Bung Tomo, Sabtu (10/11) malam WIB.

Setidaknya ada tiga tim yang menduduki enam besar sempat merasakan kekalahan dari Bajul Ijo. Persib Bandung ditekuk dengan skor 4-1, selanjutnya Madura United digasak 3-0, dan terakhir Persija Jakarta dipermak 3-0.

Menurut Djadjang, torehan itu tidak membuat Persebaya terlena. Menurutnya, duel melawan PSM tidak akan berlangsung mudah, mengingat lawan dalam motivasi tinggi. Apalagi PSM juga memiliki catatan bagus saat melakoni laga tandang.

“Kami mempunyai kepercayaan diri yang bagus setiap kali bertemu dengan tim-tim besar, tapi kami tidak merasa sebagai pembunuh raksasa. Kami harus tetap kerja keras, waspada, dan selalu menganggap lawan sebagai tim berbahaya,” tegas Djanur, sapaan Djadjang.

Djanur menambahkan, absennya Alessandro Ferreira Leonardo tidak mengurangi kekuatan Juku Eja, karena PSM memiliki pemain berbahaya lainnya yang perlu diwaspadai, seperti Ferdinand Sinaga, Wiljan Pluim, Guy Junior, dan M Rahmat.

“PSM adalah kandidat juara musim ini. Kami harus menaruh perhatian khusus terhadap pergerakan beberapa pemain mereka. Persebaya juga masih membutuhkan poin supaya tidak terdegradasi,” imbuh Djanur.

Di lain kubu, pelatih PSM Robert Rene Alberts memperkirakan duel melawan Persebaya bakal menarik. Menurutnya, tuan rumah memiliki materi pemain haus gol, walau tidak diperkuat David Da Silva yang masih memulihkan cedera.

“Persebaya tim kuat dalam menyerang dengan mencetak banyak gol. Tanpa David Da Silva, mereka mampu mengalahkan tim-tim besar seperti Madura United, Persib, dan Persija. Pertandingan ini akan menarik. Kami harus fokus dan disiplin,” ujar Rene Alberts.

Rene Alberts kemungkinan bakal menduetkan Guy Junior dengan M Rahmat, mengingat kondisi Ferdinand belum sepenuhnya bugar pascacedera. Pelatih asal Belanda ini sudah menyiapkan skema agar tidak agresif dari Persebaya.

“Ferdinand belum pulih 100 persen, jadi dia tidak akan main 90 menit. Kami akan menurunkan Ferdinand di waktu yang tepat. Sudah pasti kami bakal memakai skema berbeda,” kata Rene Alberts.

Berikut perkiraan susunan pemain kedua tim:

Persebaya: Miswar Saputra; Abu Rizal Maulana, Fandry Imbiri, Otavio Dutra, Ruben Sanadi, Rendi Irwan, Misbakus Solikin, Fandi Eko Utomo, Ferinando Pahabol, Osvaldo Haay, Oktafianus Fernando.

PSM: Rivky Mokodompit; Zulkifli Syukur, Steven Paulle, Abdulrahman, Fauzan Jamal, Wiljan Pluim, Rasyid Bakri, Ardan Aras, Muhammad Arfan, Muhammad Rahmat, Guy Junior.

 

Pertandingan, Skor Bola, Klasemen dan Transfer Pemain
Sumber : Goal.com ID

Pos Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *