PREVIEW Piala AFF U-16 2018: Indonesia – Malaysia

Tim nasional (timnas) Indonesia U-16 bakal menghadapi Malaysia U-16 pada babak semi-final Piala AFF U-16 2018. Bentrok kedua tim akan digelar di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Kamis (9/8) malam.

Bisa dibilang, laga ini penuh gengsi. Karena rivalitas antara Indonesia dan Malaysia sudah terjalin cukup lama. Bahkan, jelang turnamen, sempat ada konflik yang dimunculkan oleh salah satu penggawa Malaysia U-16 lantaran mengunggah foto bendera Indonesia secara terbalik.

Itu membuat situasi semakin memanas, bahkan ada suporter yang rela untuk hadir langsung ke Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, hanya untuk memberikan hujatan dan tekanan ke Malaysia U-16. Ini sempat membuat pihak FAM (Asosiasi Sepakbola Malaysia) angkat bicara dan melaporkannya ke AFC dan FIFA.

Di luar itu, jelang pertandingan kedua tim menegaskan kesiapan mereka untuk melakoni babak empat besar ini. Pelatih Indonesia U-16, Fakhri Husaini, menuturkan sudah mengantongi gambaran permainan Malaysia.

Baca Juga: Masihkah Pintu Timnas Italia Terbuka untuk El Shaarawy?

“Pertama penting bagi saya untuk mengatakan kepada para pemain menghadapi laga nanti adalah, tugas mereka bermain sepakbola. Tidak perlu memikirkan hal-hal lain di luar sepakbola. Karena buat saya, pertandingan itu akan menarik jika kedua tim fokus pada pertandingan sepakbola itu sendiri,” ujar Fakhri.

“Kami sudah melihat gambaran tim Malaysia, hampir sama dengan saat main di laga uji coba di Malaysia kemarin. Kami kalah 4-3 dari mereka, cara main mereka juga tidak berubah. Ini tentu bisa memotivasi anak-anak untuk bermain lebih semangat, lebih baik lagi, dan lebih kompak,” lanjutnya.

Di samping itu, mantan kapten timnas Indonesia ini mengingatkan skuat asuhannya untuk lebih bisa mengontrol emosi agar tidak mudah terprovokasi oleh lawan.

“Sebab dua kali kami bermain lawan Myanmar dan Vietnam, pemain terpancing, pemain terprovokasi, dan ini jadi pelajaran bagi semua pemain. Yang kedua, ada beberapa situasi yang berbahaya, ketika pemain kurang konsentrasi dan kurang tenang dalam mengambil keputusan, ini yang harus bisa diantisipasi,” jelas mantan penggawa PKT Bontang ini.

Fakhri juga telah menyiapkan secara khusus David Maulana dan kawan-kawan untuk menghadapi babak adu tendangan penalti. Karena jika pertandingan berakhir imbang dalam waktu 2×40 menit, pertandingan langsung dilanjutkan dengan babak adu penalti.

Di lain pihak, pelatih Malaysia U-16, Raja Azlan Shah Raja So’ib, berharap skuat asuhannya bisa menikmati jalannya pertandingan nanti. Meski nantinya mereka akan menghadapi tekanan dari suporter tim tuan rumah.

Raja pun mengatakan, antara Indonesia dan Malaysia sudah sama-sama saling mengetahui kekuatan dan kelemahan masing-masing. “Sebagai pemain muda, mungkin agak janggal bagi mereka disaksikan 40-45 ribu penonton, ini yang bisa saja dirasakan mereka di laga nanti. Jadi saya meminta anak-anak untuk menganggap suatu nyanyian (dukungan) untuk mereka,” kata Raja.

“Kami sudah memiliki perencanaan untuk melawan Indonesia. Mereka punya serangan yang bagus dan pertahanan kami harus kuat. Begitu juga ketika ada kesempatan menyerang, kami akan melakukannya. Intinya, tak ada istilah kami main bertahan,” tegasnya.(gk-43)

Prakiraan Susunan Pemain

Indonesia U-16: Ernando Ari Sutaryadi; Amiruddin Bagas Kaffa, Fadila Nur Rahman, Komang Teguh Trisnanda, Mochamad Yudha Febrian; David Maulana, Brylian Neghieta Dwiki Aldama, Andre Oktaviansyah, Mochammad Supriadi, Muhammad Fajar Fathur Rachman; Amiruddin Bagus Kahfi

Malaysia U-16: Syahmi Adib Haikal; Mohammad Alias Alan, Ali Imran Sukari, Muhammad Izzul Adham Suhaimi, Muhamad Nuh Azlan Syah; Mohamad Ikhwan Mohd Hafizo, Alif Daniel Abdul Aziz, Megat Syafique; Harith Naem Jaineh, Muhammad Danial Amali, Arif Aiman Mohd Hanapi

 

 

sport-detik.com | Berita Bola, Prediksi Bola, Hasil Pertandingan, Jadwal Pertandingan, Skor Bola, Klasemen dan Transfer Pemain
Sumber : Goal.com ID

Pos Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *