Rusia di Ambang Babak 16 Besar Piala Dunia, Suporter Berpesta

Para pendukung Timnas Rusia larut dalam kegembiraan setelah menyaksikan timnya mengalahkan Mesir 3-1 pada pertandingan kedua mereka di Grup A, Rabu dini hari WIB. Di atas kertas hasil ini mengamankan mereka satu tempat di babak 16 besar Piala Dunia 2018.

Rusia menempati peringkat FIFA paling rendah dalam turnamen tersebut. Tapi mereka terus menang dalam dua pertandingannya dan kini memuncaki grup dan bisa menjadi tim pertama yang lolos ke babak berikutnya.

Televisi negara menyiarkan rekaman video para penggemar menyanyikan “Rusia” dengan penuh kegembiraan, mengibar-ngibarkan bendera di tempat-tempat di seluruh negeri dan merayakan kemenangan di St Petersburg.

“Pertandingan betul-betul gila, (pemain Mesir Mohamed) Salah tidak bisa berbuat apa-apa,” kata Alexander, 36 tahun, yang bersama isterinya berada dalam area penggemar di St Petersburg.

“Ini pertama kalinya saya di pertandingan sepak bola, dan saya suka suasananya, tapi para pemain kami benar-benar menunjukkan bagaimana permainan seharusnya dimainkan,” kata Andrei, yang berbalut bendera Rusia.

Kemenangan tersebut menyusul sukses Rusia menghancurkan Arab Saudi 5-0 pada pertandingan pertama turnamen itu.

Ini situasi positif yang tidak diperkirakan sebelumnya bagi Rusia yang memasuki turnamen tersebut di tengah-tengah keraguan dan pesimisme di negaranya.

Sementara itu di Moskow, para penggemar membunyikan klakson mobil-mobil mereka dan kerumunan lainnya di pusat ibukota tersebut menari di jalanan.

Beberapa pendukung mengatakan bahwa mereka berpikir suasana pesta Piala Dunia akan memperlihatkan pada tamu-tamu bahwa Rusia adalah negara yang ramah, meskipun hubungan dengan Barat berada di posisi rendah pasca-Perang Dingin.

“Di Barat mereka berusaha melukiskan seolah-olah segalanya buruk di sini, tapi kami lalu menunjukkan pada mereka bahwa itu salah, dan orang-orang asing datang dan mereka menyukainya di sini, dan itu luar biasa,” kata Zaikev.

“Kami kaum muda, dan patriotisme baru saja mulai mekar di sini, dan sekarang, negara kami menang,” kata Zukhra Nudarava, 25 tahun. “Bahkan orang-orang asing pun bersorak untuk Rusia.”

Rusia bisa lolos ke babak 16 besar bila malam nanti Arab Saudi gagal menang atas Uruguay.

 

sport-detik.com | Berita Bola, Prediksi Bola, Hasil Pertandingan, Jadwal Pertandingan, Skor Bola, Klasemen dan Transfer Pemain
Sumber : Tempo.co

Pos Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *