Saat Ali Khaseif Sejajar dengan Kahn, Casillas dan Buffon

Kiper Al-Jazira Ali Khaseif bukan nama tenar di dunia sepak bola saat ini. Namun popularitas kiper 30 tahun itu langsung melejit setelah melakukan banyak aksi heroik saat menghadapi Real Madrid dalam semifinal Piala Dunia Antarklub 2017 di Zayed Sports City Stadium, Abu Dhabi, Kamis (14/12) dini hari WIB.

Di babak pertama Khaseif melakukan blokade atas peluang Cristiano Ronaldo dkk sebanyak enam kali. Di babak kedua, penyelamatan Khaseif bertambah lagi sebanyak tiga kali.

Atas keuletan juga kesuksesannya menahan banyak serangan Real, Khaseif lantas dibuatkan meme. Di antaranya sebagai cover game konsol sepak bola terkini, FIFA 18. Kemudian Khaseif disejajarkan dengan Oliver Kahn, Iker Casillas, Manuel Neuer, dan Gianluigi Buffon.

Nah, siapa sangka di balik kegemilangan Khaseif ini rupanya terdapat pelatih kiper yang punya benyak pengalaman di Eropa. Ya, Manuel Almunia yang sempat jadi kiper Celta Vigo, Arsenal, dan Watford itu sudah dua tahun menjadi pelatih Al-Jazira.

Kepada Radio Marca kemarin pelatih kiper 40 tahun itu mengatakan cukup kaget melihat performa Khaseif yang berani dan tak minder bertemu pemain sekelas Ronaldo, Karim Benzema, ataupun Luka Modric. Malah selama 50 menit, Real frustrasi menembus Khaseif.

“Di liga dalam negeri, dia (Khaseif, red.) salah satu yang terbaik. Apalagi sepak bola di Uni Emirat Arab (UEA) bukan seperti Eropa yang sudah mapan, sepak bola UEA masih memiliki banyak kekurangan namun terus berkembang,” kata pria kelahiran Pamplona itu.

Almunia memberikan penilaian beberapa kiper di La Liga saat ini merupakan kiper yang bisa diandalkan di masa depan. Di antaranya Jan Oblak (Atletico Madrid), Marc Andre Ter Stegen (Barcelona), dan Kepa Arrizabalaga (Athletic Bilbao).

Akan tetapi di luar nama-nama kiper La Liga, Almunia merujuk kiper Manchester United yang juga kiper timnas Spanyol David de Gea sebagai kiper terbaik saat ini. “De Gea melakukan penyelamatan yang menurut akal sehat rasanya susah diterima,” ujar Almunia.

 

sport-detik.com | Berita Bola, Prediksi Bola, Hasil Pertandingan, Jadwal Pertandingan, Skor Bola, Klasemen dan Transfer Pemain
Sumber : JPNN.com

Pos Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *