Salah Bawa Mesir Lolos ke Piala Dunia 2018

Timnas Mesir lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia setelah dalam matchday kelima Grup E fase akhir kualifikasi zona Afrika menundukkan Kongo dengan skor tipis 2-1 pada Senin dini hari WIB (9/10/2017).

Mohamed Salah, yang sehari-hari merumput bersama klub Liga Primer Inggris Liverpool, menjadi pahlawan negaranya dengan memborong dua gol termasuk satu penalti ketika laga telah memasuki injuury time babak kedua.

Bertarung di Stadion Borg Al Arab di Alexandria, Salah membuka keunggulan untuk tuan rumah pada menit 63, namun sempat disamakan oleh Kongo lewat Bouka Moutou pada menit 88.

Mesir beruntung mendapatkan penalti pada injury time yang sukses dikonversi Salah menjadi gol kemanangan sehingga skor akhir 2-1.

Dengan hasil pertandingan tersebut, Mesir dipastikan tampil sebagai jujara Grup E dengan nilai 12, tak mungkin lagi dikejar tim-tim lain meski setiap kontestan masih menyisakan satu pertandingan.

Klasemen sementara Grup E, Mesir teratas dengan nilai 12, diikuti tiga tim yang tersingkir yakni Uganda 8, tim favorit Ghana 6, dan Kongo 1.

Khusus bagi Mohamed Salah, dua golnya ke gawang Kongo mengantarnya sebagai top skor kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Afrika dengan lima gol.

Fase akhir kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Afrika melibatkan 20 tim yang terbagi menjadi lima grup. Setiap grup berisi empat tim dan setiap juara grup lolos ke putaran final Piala Dunia tahun depan.

Mesir menjadi negara kedua dari kualifikasi zona Afrika yang telah memastikan lolos ke Rusia setelah Nigeria yang sehari sebelumnya tampil sebagai juara Grup B, menyisihkan dua tim yang juga favorit yakni Kamerun dan Aljazair.

Adapun 15 tim yang telah lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 ialah Rusia (lolos otomatis tanpa kualifikasi dengan status tuan rumah), Belgia, Jerman, Inggris, Spanyol, Polandia (zona Eropa), Brasil (Amerika Selatan), Jepang, Iran, Arab Saudi, Korea Selatan (Asia), Meksiko, Kosta Rika (Amerika Utara, Tengah, Karibia), Nigeria, Mesir (Afrika).

 

sport-detik.com | Berita Bola, Prediksi Bola, Hasil Pertandingan, Jadwal Pertandingan, Skor Bola, Klasemen dan Transfer Pemain
Sumber : Bisnis.com

Pos Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *