Sanjungan Guardiola untuk Marcelo Bielsa

Marcelo Bielsa sosok yang punya pengaruh besar dalam karier kepelatihan Pep Guardiola. Bielsa pun diyakini sebagai pelatih terbaik di dunia meski minim gelar.

Bielsa akan kembali melatih untuk musim depan. Pria asal Argentina itu belum lama ini sudah menyetujui ikatan kerja dua musim dengan klub Ligue 1, Lile.

Kabar tersebut mendapat respon positif dari Guardiola. Manajer Manchester City itu sangat senang melihat “gurunya” kembali melatih setelah terakhir kali menangani Olympique de Marseille di musim 2014–2015.

Rasa senang Guardiola bukan tanpa alasan. Sejak tahun 2012 ia selalu memuji metode-metode kepelatihan dari Bielsa. Bahkan, mantan pelatih Barcelona itu pernah mengunjungi Bielsa untuk berguru ilmu.

“Kekaguman saya untuk Bielsa sangat besar karena dia banyak membuat pemain jauh lebih baik,” kata Guardiola seperti dikutip Soccerway.

“Sampai saat ini saya belum pernah bertemu dengan mantan anak asuh Bielsa yang mengatakan hal-hal buruk tentangnya. Mereka justru berterima kasih pada Bielsa atas pengaruhnya di karier sepakbola mereka,” sambung pria 46 tahun itu.

“Dia banyak membantu saya dengan nasihatnya. Kapan pun saya berbicara dengannya, semua terasa seperti ia benar-benar ingin membantu saya.”

Meski Bielsa dianggap sebagai sosok pelatih yang punya andil besar, namun prestasi Bielsa tidak sementereng Guardiola dan Jose Mourinho. Pelatih 61 tahun itu cuma punya tiga gelar di liga Argentina dan satu medali emas Olimpiade 2004 bersama Argentina.

“Amat penting bagi saya mengatakan ini, karena tidak peduli berapa banyak titel yang ia menangkan di kariernya. Kita memang dinilai berdasarkan itu. Namun itu tidak lebih besar dari pengaruh yang ia berikan pada sepakbola dan pemainnya. Itulah mengapa, menurut saya, dia adalah pelatih terbaik dunia,” tegas Guardiola.

 

sport-detik.com | Berita Bola, Prediksi Bola, Hasil Pertandingan, Jadwal Pertandingan, Skor Bola, Klasemen dan Transfer Pemain
Sumber : Detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *