Seri Nasional Liga Desa Nusantara 2017 Siap Digelar

Kompetisi Liga Desa Nusantara (LDN) 2017 seri nasional dipastikan akan bergulir mulai hari ini, Rabu (6/12) di Kabupaten Subang.

Event kerja sama Kementerian Desa PDTT dan Kemenpora ini akan dimeriahkan 16 tim yang lolos ke seri nasional pada Selasa 5 Desember lalu.

Sebelumnya 16 tim dari basis pedesaan itu mengikuti penyisihan di 16 kabupaten di Provinsi Banten dan Jawa Barat sejak November lalu.

Seri nasional dibagi ke dalam empat grup. Masing-masing grup diisi 4 tim dan diputar dengan sistem setengah kompetisi.

Babak penyisihan grup dijadwalkan berlangsung pada Rabu 6 Desember 2017 sampai Kamis 7 Desember 2018.

Kemudian untuk perempat final yang akan diikuti juara dan runner-up grup, diselenggarakan pada Jumat 8 Desember 2017.

Sedangkan semifinal juga digelar pada Jumat, tetapi pada sore hari.

Pertandingan penyisihan grup, perempat final, sampai semifinal dipusatkan di empat lapangan desa Kabupaten Subang. Keempat lapangan itu adalah Dolog Karang Anyar, Sukamelang, Cibarola, dan Sukajadi.

Sementara pertandingan final atau partai puncak bergeser ke Stadion Purnawarman, Kabupaten Purwakarta. Final diselenggarakan pada Minggu 10 Desember 2017.

Syaiful Huda, inisiator Liga Desa Nusantara, mengaku sengaja menginisiasi diselenggarakannya kompetisi ini. Tujuannya untuk membuktikan masyarakat desa punya banyak potensi. “Termasuk olahraga, terutama dalam sepak bola,” kata Syaiful Huda.

Sedangkan Heri Firdaus, Ketua Panitia Liga Desa Nusantara 2017, mengatakan kompetisi untuk masyarakat desa ini juga punya tujuan memasyarakatkan olahraga dalam kehidupan desa.

“Di dalamnya juga ada nilai silaturahmi antardesa, sekaligus menggerakkan perekonomian di desa. Sebab, ketika ada keramaian seperti turnamen sepak bola, maka di situ ada perekonomian yang tumbuh atau bergerak,” tutur Heri Firdaus.

Sementara Direktur Kompetisi Liga Desa Nusantara, M Kusnaeni, mengatakan semua tim yang lolos ke seri nasional sangat antusias. Ini terbukti dari keseruan yang terjadi sejak seri regional.

“Semua tim peserta sangat bersemangat. Namun rata-rata masih perlu banyak belajar dalam memenuhi persyaratan administrasi kompetisi berskala nasional,” tutur M Kusnaeni atau yang biasa dipanggil Bung Kus.

Di pihak lain, Asisten Manajer tim dari Desa Jalancagak, Kabupaten Subang, Imam Sumarna, menyatakan sebagai tuan rumah sudah siap memberi performa terbaik. Para pemain berjanji berusaha keras bertahan selama mungkin di seri nasional.

“Tapi kami tidak ingin bicara yang terlalu jauh. Hanya ingin mencari pengalaman, apalagi banyak tim yang menurut kami mungkin lebih bagus,” kata Imam Sumarna.

Inilah Jadwal Pertandingan Penyisihan Grup

Rabu 6 Desember 2017
07.00-08.20
Pandeglang vs Cirebon GROUP A
Bekasi vs Purwakarta GROUP A

08.30 – 09.50
Serang vs Cianjur GROUP B
Karawang vs Sumedang GROUP B

10.00-11.20
Lebak vs Subang GROUP C
Bogor vs Sukabumi GROUP C

13.00-14.20
Tangerang vs Garut GROUP D
Kab. Bandung vs Tasikmalaya

Kamis 7 Desember 2017
07.00-08.20
Purwakarta vs Pandeglang GROUP A
Cirebon vs Bekasi GROUP A
Sumedang vs Serang GROUP B
Cianjur vs Karawang GROUP B

08.30-09.50
Sukabumi vs Lebak GROUP C
Subang vs Bogor GROUP C
Tasikmalaya vs Tangerang GROUP D
Garut vs Kab. Bandung GROUP D

13.00-14.20
Purwakarta vs Cirebon GROUP A
Pandeglang vs Bekasi GROUP A
Sumedang vs Cianjur GROUP B
Serang vs Karawang GROUP B

14.30-16.50
Sukabumi vs Subang GROUP C
Lebak vs Bogor GROUP C
Tasikmalaya vs Garut GROUP D
Tangerang vs Kab. Bandung GROUP D

 

sport-detik.com | Berita Bola, Prediksi Bola, Hasil Pertandingan, Jadwal Pertandingan, Skor Bola, Klasemen dan Transfer Pemain
Sumber : JPNN.com

Pos Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *