Southgate Cukup Puas meski Inggris Menang dengan Sederhana

Inggris kembali menjajal bermain dengan pola tiga bek saat melawan Lithuania. Meski cuma menang tipis lewat penalti, Inggris dinilai menunjukkan sinyal bagus.

Inggris cuma menang tipis 1-0 saat bertandang ke Lithuania di laga terakhir Kualifikasi Piala Dunia 2018, Minggu (8/10/2017) malam WIB. Satu-satunya gol dicetak Harry Kane dari titik penalti pada menit ke-27.

Inggris sebenarnya tampil amat dominan dengan penguasaan bola hingga 71% dan melepaskan 20 sepakan. Tapi dari dominasi itu, tim ‘Tiga Singa’ cuma mencatatkan empat tembakan tepat target. Sementara Lithuania juga beberapa kali mendapatkan situasi bagus dari serangan balik, mencatatkan sembilan sepakan dan dua di antaranya mengarah ke gawang.

Inggris memang kembali mencoba-coba di laga ini. Selain menurunkan beberapa pemain yang sebelumnya tak diandalkan seperti Harry Maguire, Kieran Trippier, Aaron Creswell, atau Harry Winks, pola tiga bek juga dijajal.

Di laga ini, Maguire menemani Michael Keane dan John Stone di belakang. Mereka dilindungi empat gelandang yakni Trippier, Creswell, Jordan Henderson, dan Winks. Di depan, Kane disokong Dele Alli dan Marcus Rashford.

Mengakui penampilan timnya masih belum bagus benar, Gareth Southgate menilai ada beberapa hal positif. Soal kesulitan timnya, dia salah satunya menyebut faktor lapangan sintetis jadi tantangan tersendiri.

“Saya pikir ada sejumlah hal yang sangat menggembirakan, kami membuat banyak perubahan di tim dan kami melihat banyak hal yang ingin kami lihat,” ujar Southgate dikutip Sky Sports.

“Ada sejumlah penampilan individu yang bagus di sistem yang berbeda, beberapa di antaranya kami eksekusi dengan baik dan beberapa perlu kami tingkatkan. Tapi ini adalah sebuah kesempatan bagus untuk melihat ke pemain-pemain yang berbeda, yang telah melakukan pekerjaan mereka dengan baik.”

“Saya rasa beberapa hal dari sistemnya bagus, cara kami menggunakan bola dari belakang bagus. Kami masih sedikit terbuka ketika kehilangan bola, tapi kerap kali kami menemukan celah yang bagus, dan mungkin bola terakhir atau penyelesaian akhir kami tidak cukup bagus di sepertiga akhir hari ini.”

“Saya rasa ada sejumlah momen di mana kami masuk ke posisi-posisi bagus dan mungkin mencoba melewati pemain lawan ketimbang mengumpan dan bergerak. Tapi di lapangan semacam ini bolanya sulit digiring saat Anda mencoba melewati pemain. Ini jenis tantangan yang berbeda,” imbuhnya.

 

sport-detik.com | Berita Bola, Prediksi Bola, Hasil Pertandingan, Jadwal Pertandingan, Skor Bola, Klasemen dan Transfer Pemain
Sumber : Detik.com

Pos Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *