Statistik Ini Bikin Virgil Van Dijk Diburu Banyak Klub

Catatan statistik selama dua musim bersama Southampton membuktikan bahwa Van Dijk merupakan salah satu bek terbaik di Liga Primer.

Virgil van Dijk belakangan muncul sebagai salah satu pemain yang gencar dikaitkan dengan rumor transfer menuju sejumlah klub papan atas Liga Primer Inggris, di antaranya Manchester City, Liverpool hingga Chelsea.

Minat terhadap pemain andalan Southampton tersebut memang bukan tanpa sebab. Sang penggawa internasional Belanda sudah menunjukkan kualitas sebagai bek dengan kualitas jempolan kendati baru merumput di Inggris mulai musim 2015/16 lalu.

Di bawah dua komando manajer yang berbera, yakni Ronald Koeman dan Claude Puel, tercatat mantan pemain Celtic tersebut tetap mampu menjadi pilihan utama untuk mengawal lini belakang Soton apabila kondisinya selalu fit.

Meski baru menjalani musim keduanya di Liga Primer, Van Dijk mampu menorehkan catatan statistik bertahan yang impresif, yakni sukses memenangkan total  tekel mau pun duel udara paling banyak (327) ketimbang bek-bek lainnya yang bertarung di kompetisi yang sama.

Musim lalu misalnya, dari total 34 penampilan sang pemain dengan tinggi 1.93m selalu turun penuh selama 90 menit. Rasio duelnya menghadapi para penyerang lawan mencapai angka 65 persen, memenangkan 44 dari 76 percobaan tekel serta 158 dari total 216 duel udara.

Sementara musim ini, cedera engkel yang dialami sejak Januari membatasi penampilan Van Dijk hanya 21 kali saja, meski begitu ia tetap mampu memenangkan 67 persen duel yang dihadapi. Bekas pemain Groningen itu membukukan total 55 intersepsi, 139 sapuan dan 14 halauan dalam sebagian kampanye 2016/17.

Atribut lain yang menarik perhatian deretan manajer top Liga Primer — tentunya Pep Guardiola — adalah persentase akurasi umpannya. Dua musim memperkuat Soton, persentase akurasi umpan Van Dijk selalu mencapai lebih dari 80 persen. Jika musim lalu 83 persen, maka musim ini meningkat satu persen namun dengan catatan lebih sedikit menit bermain.

Dengan kemampuannya memainkan peran sebagai ball-playing defender dan menjadi jenderal barisan pertahanan dengan sama baiknya, maka tak mengherankan jika Van Dijk merupakan tipe bek yang ideal untuk taktik sepakbola modern.

 

sport-detik.com | Berita Bola, Prediksi Bola, Hasil Pertandingan, Jadwal Pertandingan, Skor Bola, Klasemen dan Transfer Pemain
Sumber : Goal.com ID

Pos Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *