Sukses Liverpool di Liga Champions Penting buat Timnas Inggris

Gareth Southgate, manajer Inggris di Piala Dunia 2018, mengatakan keberhasilan Liverpool tampil pada babak final Liga Champions melawan juara bertahan, Real Madrid, di Kiev, Ukraina, 27 Mei mendatang memiliki dampak positif besar buat mereka.

Southgate mengatakan hal itu di London, Sabtu 19 Mei, untuk menjawab pertanyaan para wartawan tentang pengaruh penampilan klub Liga Primer Inggris asuhan manajer Jurgen Klopp dalam kejuaraan tertinggi antarklub Eropa musim 2017-2018 ini hingga sampai di final.

“Kami ingin para pemain kami terlibat dalam pertandingan besar seperti itu. Pengalaman pemain (Liverpool) seperti Jordan Henderson, Alex Oxlade-Chamberlain, Trent Alexander-Arnold, dan Adam Lallana pada beberapa bulan terakhir penting. Terlibat dan mengalami perjungan memenangi sesuatu adalah penting,” jelas Southgate.

Hal yang sama, menurut Southgate, juga dialami sejumlah pemainnya yang berasal dari Tottenham Hotspur dan Manchester City.

Henderson dan Alexander Arnold, pemain gelandang dan bek sayap, masuk dalam 23 pemain inti pilihan Southhate ke Piala Dunia 2018. Adapun gelandang muda Oxlade-Chamberlain gagal berangkat karena cederanya parah.

Tapi, Lallana, gelandang dengan tipe dirigen permainan, masih termasuk dalam lima pemain yang disiapkan untuk melapis 23 pemai inti. Lallana belakangan sudah bisa bermain lagi setelah sembuh dari cedera.

Southgate mengatakan pengalaman para pemain Liverpool, khususnya yang dipanggil ke tim nasional Inggris, saat berhadapan dengan Real Madrid pada Sabtu atau Minggu dinihari mendatang waktu Indonesia akan menjadi sumber inspirasi Harry Kane dan kawan-kawan dalam berjuang di Rusia, Juni mendatang.

“Jadi sangat penting untuk sepak bola Inggris bahawa Liverpool adalah mewakili Inggis di final. Saya tahu pandangan itu tidak mewakili gambaran seluruh suporter. Trapi, mengapa kami ingin Real Madrid yang menang? Saya tidak melihat alasan logis soal itu,” Southgate melanjutkan.

Southgate meyakini sukses Liverpool di Liga Champions akan membuat para pemain asal Inggris optimistis akan masa depannya.

Southgate juga menepis bahwa masuknya pelatih dan pemain asing di Liga Inggris yang semakin banyak akan mematikan potensi para pemain Inggris, terutama untuk tim nasionalnya. Ia menunjuk sentuhan pelatih asal Argentina, Mauricio Pochettino, yang membuat Tottenham Hotspur bisa menyumbangkan pemain terbanyak di skuad 23 pemain Inggris ke Piala Dunia 2018, yakni lima orang.

Adapun mantan arsitek lapangan Barcelona, Pep Guardiola, berkontribusi pada empat empat pemain Manchester City, juara Liga Primer musim 2017-18, di skuad Southgate. Demikian juga empat peman Manchester United di skuad Three Lions ini dari sentuhan kepelatihan Jose Mourinho asal Portugal.

Southgate sengaja menyiagakan lima pemain di luar 23 pemain untuk mengantisipasi ada pemain ini yang mendadak cedera menjelang keberangkatan ke Piala Dunia. Hal itu antara pernah dialami pemain sayap West Ham United, Trevor Sinclair, pada 2002.

 

sport-detik.com | Berita Bola, Prediksi Bola, Hasil Pertandingan, Jadwal Pertandingan, Skor Bola, Klasemen dan Transfer Pemain
Sumber : Tempo.co

Pos Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *