Tim-tim Kuat Raup 3 Poin, Chelsea Tegaskan Teratas

Chelsea mengamankan posisi di pucuk klasemen Liga Primer Inggris setelah menundukkan tuan rumah Sunderland dengan skor tipis 1-0 dalam laga pekan ke-16 pada Kamis pagi WIB (15/12/2016).

Gol tunggal yang dicetak gelandang Cesc Fabregas berhasil mengantarkan Chelsea mengatasi Sunderland dengan skor 1-0 di Stadion of Light, Sunderland.

Gol tersebut dicetak Fabregas pada menit 40, memecah kebuntuan dengan menyelesaikan sebuah umpan segitiga bersama Willian dengan sepakan keras yang menaklukkan penjaga gawang Jordan Pickford dan menyarangkan bola ke sudut kanan gawang.

Tim besutan Antonio Conte itu menguasai penuh jalannya pertandingan dengan memiliki 66 persen pengendalian bola dan berusaha untuk menambah besaran kemenangan mereka atas Sunderland.

Namun, dari 19 kali percobaan tembakan yang mereka lepaskan, dengan enam di antaranya tepat sasaran, tak satu pun berhasil berbuah gol tambahan bagi Diego Costa dan kawan-kawan.

Meski demikian, tiga poin yang dibawa pulang Chelsea berhasil memantapkan posisi mereka di puncak klasemen sementara dengan 40 poin, menjauh dari kejaran salah satu pesaing terdekat, Liverpool (34), yang berada di urutan kedua.

Sementara itu Sunderland (11) makin terpuruk sebagai juru kunci dan terus di bawah bayang-bayang ancaman degradasi.

Dalam laga lainnya, gelandang serang Liverpool Adam Lallana mengemas dua gol saat mengantarkan timnya membungkam Middlesbrough 3-0 di Stadion Riverside, Middlesbrough.

Selain dua gol Lallana, kemenangan itu diraih berkat satu gol tambahan dari Divock Origi, demi mengangkat Liverpool ke posisi kedua klasemen sementara dengan raihan 34 poin, sedangkan Middlesbrough (15) melorot ke peringkat 17.

Lallana membuka keunggulan tim tamu pada menit 29, lewat tandukannya di area tiang jauh menyambut umpan lambung yang dilepaskan Nathaniel Clyne.

Penjaga gawang Simon Mignolet, yang diputuskan diturunkan sejak awal menggantikan Loris Karius yang performanya menurun, membuktikan pilihan sang pelatih tak keliru dengan penyelamatan gemilangnya atas bola tendangan keras dari Viktor Fischer hanya sesaat setelah Liverpool membuka keunggulan.

Liverpool sendiri berpeluang memperbesar keunggulan pada menit 43, ketika Sadio Mane berhasil menyambut umpan terobosan Origi namun bola tendangannya membentur tiang jauh dan Origi yang berusaha menyambar bola muntah tendagannya masih menyamping dari sasaran.

Tim tamu menciptakan sejumlah peluang di awal babak kedua, namun mereka harus menunggu hingga menit 60 untuk menggandakan keunggulan lewat Origi yang dengan menyontek mudah umpan tarik kiriman Lallana, yang merupakan buah dari serangan berpondasi umpan-umpan pendek.

Delapan menit berselang, lagi-lagi memanfaatkan umpan-umpan pendek, giliran Origi yang melepaskan umpan tarik ke dalam kotak penalti di mana Lallana berlari tanpa kawalan demi menyambar bola mudah ke dalam gawang dan membawa Liverpool unggul 3-0 atas Middlesbrough pada menit 68.

Hingga laga usai, meski mendapat beberapa peluang tambahan Liverpool harus puas dengan kemenangan 3-0 saja atas Middlesbrough, yang juga menjadi kemenangan perdana mereka di Stadion Riverside, setelah tujuh lawatan sebelumnya gagal menang.

Kemenangan juga menjadi milik duo Manchester. Manchester City berhasil menundukkan Watford 2-0 di Stadion Etihad, Manchester.

Kemenangan itu diwarnai berbukanya Pablo Zabaleta dari puasa mencetak gol dalam kurun waktu 2 tahun terakhir. Zabaleta, membuka keunggulan City pada menit 33 dengan menanduk umpan silang Kevin de Bruyne di area tiang jauh.

City memang tampil mendominasi penguasaan bola dengan 63 persen, namun tim besutan Pep Guardiola itu tak cukup agresif memanfaatkan dominasi, hanya melepaskan 13 kali percobaan tembakan yang tujuh di antaranya menemui sasaran.

Pada menit 57, Raheem Sterling menusuk ke dari area tengah namun bola tendangannya menghantam mistar gawang.

Baru pada menit 86, City akhirnya menggandakan keunggulan mereka lewat David Silva menyelesaikan kerja sama dengan Sterling.

Kemenangan itu membuat City yang saat ini berada di peringkat keempat klasemen kini memiliki raihan 33 poin, sedangkan Watford (21) tergelincir ke urutan 11.

Adapun Manchester United menaklukkan Crystal Palace dengan skor 2-1 di Stadion Selhurst Park, London.

Kemenangan itu menjadi buah kontribusi Paul Pogba dan Zlatan Ibrahimovic, yang masing-masing mencetak satu gol untuk MU, sebaliknya James McArthur membalas untuk Palace.

Pogba membuka keunggulan MU di pengujung babak pertama, tepatnya menit 45+2, memanfaatkan situasi bola mati yang melayang ke dalam kotak penalti dan disambut Ibrahimovic dengan dadanya demi mengarahkan bola ke ruang tembak Pogba yang dengan dingin menyarangkan ke dalam gawang.

Meski demikian, gol tersebut berbalut kontroversi karena Ibrahimovic dicurigai menyentuh bola dengan tangan ketika menyambut tendangan bebas dan Pogba dicurigai berada dalam posisi offside kala menerima bola terusan dari Ibrahimovic.

Di balik kontroversi, memasuki babak kedua Palace berusaha bermain lebih efektif dan hasilnya mereka berhasil menyamakan kedudukan pada menit 66 lewat aksi Martin Kelly di sisi kiri yang melepaskan umpan kepada Damien Delaney yang segera menyontek bola ke ruang tembak McArthur.

McArthur dengan tenang menyelesaikan peluang tersebut demi mengubah kedudukan menjadi 1-1.

MU, yang menguasai 61 persen pengendalian bola dengan 16 percobaan tembakan yang enam di antaranya tepat sasaran, harus menunggu hingga menit 88 untuk memastikan kemenangan mereka.

Membalas budi yang telah diterima sebelumnya, giliran Pogba yang menampilkan aksi individual sebelum melepaskan umpan teroboson kepada Ibrahimovic yang berhasil menyambutnya dengan sepakan keras ke sudut tiang jauh.

Kemenangan itu membuat tim besutan Jose Mourinho yang kini berada di peringkat kelima tersebut memiliki raihan total sementara 27 poin, sebaliknya Palace (15) melorot ke urutan 16.

Klub kuat lainnya, Tottenham Hotspur, juga meraih 3 poin dengan membekap Hull City 3-0 di Stadion White Hart Lane, London. Kemenangan Spurs tersebut diraih berkat dua gol Christian Eriksen serta satu gol Victor Wanyama.

Hasil itu membuat tim besutan Mauricio Pochettino kini mengoleksi 30 poin dan tetap berada di peringkat kelima klasemen sementara, sedangkan Hull (12) berada di urutan kedua dari bawah.

Tuan rumah hanya memerlukan 14 menit untuk membuka keunggulan lewat gol pertama Eriksen di laga tersebut, yang menyambut umpan tarik dari Danny Rose dengan sepakan keras yang mengujam ke langit-langit gawang.

Tampil dominan dengan menguasai 63 persen pengendalian bola dan melepaskan 27 percobaan tembakan yang sembilan di antaranya menemui sasaran, Spurs harus menunggu hingga babak kedua untuk memperbesar keunggulan mereka.

Tepat pada menit 63 Eriksen menggandakan keunggulan Spurs dengan menyelesaikan umpan silang kiriman Kyle Walker.

Lantas 10 menit berselang, Wanyama melengkapi kemenangan Spurs menjadi 3-0 dengan sebuah sambaran atas bola muntah upaya penjaga gawang David Marshall menyelamatkan tendangan Eriksen.

Berikut hasil lengkap pekan ke-16:

AFC Bournemouth 1 vs Leicester City 0

Everton 2 vs Arsenal 1

Middlesbrough 0 vs Liverpool 3

Sunderland 0 vs Chelsea 1

West Ham United 1 vs Burnley 0

Crystal Palace 1 vs Manchester United 2

West Bromwich Albion 3 vs Swansea City 1

Manchester City 2 vs Watford 0

Stoke City 0 vs Southampton 0

Tottenham Hotspur 3 vs Hull City 0.

 

sport-detik.com | Berita Bola, Prediksi Bola, Hasil Pertandingan, Jadwal Pertandingan, Skor Bola, Klasemen dan Transfer Pemain
Sumber : Bisnis.com

Pos Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *