Todd Ferre Borong 3 Gol Timnas U-19, Kenapa Dia Hanya Cadangan?

Pelatih Timnas U-19 Indonesia Indra Sjafri menyebut Todd Rivaldo Ferre sebagai pemain spesialis babak kedua. Hal itu pula yang membuatnya memilih selalu memasukkan Todd di babak tersebut hampir di seluruh partai yang dijalani timnas U-19, termasuk kala dikalahkan Qatar 5-6 dalam pertandingan Grup A Piala Asia atau Piala AFC U-19, Ahad malam.

Todd saat masuk mulai menit ke-55 dan kemudian menunjukkan tampilan cemerlang dengan memborong tiga gol. “Todd memang kurang efektif bermain jika bermain dari babak pertama,” ujar Indra seusai laga di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, itu.

Todd Rivaldo Ferre bermain gemilang di laga itu. Dia memberikan harapan kepada timnas U-19 Indonesia yang sudah tertinggal 1-6 melalui gol via sepakan bebasnya di menit ke-65. Gol itu kemudian memancing gol lainnya dari skuat Garuda Nusantara yang selanjutnya mengakhiri laga dengan skor 6-5.

Apa kaga Todd soal laga itu? “Pelatih berpesan kepada kami jangan pikirkan gol, tetap fokus ke pertandingan karena gol akan datang kemudian,” kata dia ketika ditemui setelah pertandingan.

Baca Juga: Mohamed Salah Terpilih Jadi Pemain Terbaik Ketiga Dunia

Menurut pemain Persipura tersebut, dirinya dapat mencetak gol karena melihat pemain bertahan Qatar sudah dalam keadaan lelah. Oleh karena itulah, usai gol tendangan bebasnya, Todd berani menggiring bola hingga kotak penalti yang menghasilkan dua gol lain dari dirinya pada menit ke-72 dan 80′.

“Mungkin mereka sudah capai, jadi saya masuk ke kotak penalti dengan ‘dribbling’,” tutur dia.

Sementara terkait tendangan bebasnya, Todd Rivaldo mengaku sengaja mengarahkan bola ke tiang jauh, berkaca dari gol tendangan bebas Muhammad Luthfi di babak pertama. “Saya sengaja menempatkan ke tiang jauh. Dan untuk pertandingan selanjutnya melawan Uni Emirat Arab, saya siap diturunkan kapan dan di posisi mana saja,” kata dia.

Dalam pertandingan tersebut, tim nasional sepak bola U-19 Indonesia dikalahkan Qatar dengan skor 5-6. Qatar unggul terlebih dahulu melalui gol Hashim Ali (7′, 51′), Abdulrasheed Umaru (14′, 41′, 56) dan Mohammed Waad (24′). Indonesia mengecilkan skor melalui Todd Ferre yang menorehkan trigol pada menit ke-65, 72′ dan 80′, serta dua gol lain dari Muhammad Luthfi Kamal (28′) dan Saddil Ramdani (68′).

Kekalahan tersebut membuat Indonesia berada di posisi ketiga klasemen sementara Grup A Piala U-19 Asia 2018 karena kalah “head to head” dengan Qatar yang bertengger di peringkat kedua, meski sama-sama berpoin tiga. Uni Emirat Arab (UEA) memimpin grup A dengan mengoleksi enam poin dari dua pertandingan.

Selanjutnya, pada Rabu, 24 Oktober 2018, mulai pukul 19.00 WIB, Timnas U-19 Indonesia akan menghadapi UEA di laga terakhir Grup A di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Pada saat sama Qatar akan melawan Taiwan di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat.

 

sport-detik.com | Berita Bola, Prediksi Bola, Hasil Pertandingan, Jadwal Pertandingan, Skor Bola, Klasemen dan Transfer Pemain
Sumber : Tempo.co

Pos Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *