Watford Vs Chelsea: Penentuan Nasib Antonio Conte

Dalam empat musim kariernya, Antonio Conte belum pernah lebih dari lima kali menderita kekalahan. Entah itu saat di Juventus dan Chelsea.

Maka, jika dalam laga tandang ke markas Watford, Selasa (6/2) dini hari Chelsea kalah, itu adalah catatan buruk buat Conte. Pria Italia itu akan seperti kembali seperti ketika dia untuk kali pertama merasakan kompetisi kasta pertama di Italia bersama Atalanta.

Nah, sejatinya, Vicarage Road (kandang Watford) adalah bagian dalam sukses Antonio Conte di Premier League. Musim lalu di balik capaian sensasionalnya memenangi Premier League, di Vicarage Road-lah dia memulai kemenangan tandang Premier League-nya bersama Chelsea. Musim lalu, Chelsea di bawah nakhodanya mengalahkan Watford 2-1 (0-0) pada matchweek ke-2.

Musim ini Vicarage Road juga bisa jadi stadion terakhirnya bersama The Blues. Itu terjadi jika The Godfather kembali gagal menyelamatkan Chelsea dari kekalahan. Kenapa? Di media-media Inggris, laga ini disebut-sebut sebagai laga penentuan masa depan Conte.

Tidak cuma karena Chelsea-nya Conte baru sekali menang dalam sebulan, musim kedua Conte di Inggris pun terancam tanpa trofi. Setelah trofi Piala Liga lepas, back to back jadi juara Premier League juga tinggal menanti keajaiban jika Manchester City meneruskan tren gagalnya mendulang tiga angka. Piala FA dan Liga Champions? Masih jauh.

Apalagi, ada disharmonisasi antara relasi Conte dengan Roman Abramovich. Kondisi itu sudah terjadi sejak dia meminggirkan David Luiz dari starter, 5 November lalu. Sama seperti di balik tersisihnya Jose Mourinho dari London Cobham saat 17 Desember 2015, kendali di ruang ganti pun tak mampu dikuasai Conte.

London Evening Standard mengklaim, hanya Cesar Azpilicueta yang berada di belakang mantan pelatih timnas Italia itu. ”Akan sangat mengejutkan apabila akhir musim ini dia (Conte) masih berada di sana (Chelsea),” ucap mantan gelandang timnas Inggris yang sekarang menjadi pundit Sky Sports, Matt Le Tissier.

Apalagi, dalam 15 tahun era Roman Emperor sudah dikenal ringan menendang pelatih di saat musim belum berakhir. Dari sebelas pelatih yang dikontrak permanen, empat di antaranya harus jadi tumbal. Mourinho bahkan dua kali mengalaminya. ”Sulit untuk menghindarinya (dipecat),” lanjut Le Tissier.

Apalagi, sudah lima kali kekalahan didapat Chelsea di Premier League musim ini. Sudah menyamai total kekalahannya di Premier League musim lalu. Karena itu, nama Maurizio Sarri, Diego Simeone, dan Luis Enrique makin kencang dikaitkan dengan Chelsea.

Bahkan, agar bisa merayu Napoli supaya melepas Sarri, uang senilai GBP 7 juta (Rp 132,5 miliar) juga disiapkan. Itu untuk klausul pelepasan Sarri.

Meski, Vicarage Road selalu memberi romansa manis bagi Chelsea-nya Abramovich. Di eranya, dari empat kali lawatan hanya sekali Chelsea tertahan di sana. Sisanya? Menang. Conte pun selalu tersenyum setelah laga melawan The Hornets. Tiga kali main, tiga kali menang. Saat konferensi persnya di London Cobham, Sabtu malam waktu setempat (3/2), dia hanya tertawa.

Dilansir dari situs resmi klub, runner up pelatih terbaik dunia dalam The Best FIFA 2017 menanggapi gosip comeback-nya ke Azzurri. ”(Alessandro) Costacurta (Wakil Ketua Federasi Sepak Bola Italia FIGC) teman saya. Mungkin dia sudah lupa kalau saya masih mempunyai 18 bulan masa kontrak di sini (Chelsea),” ungkap Conte.

Kontrak Conte baru berakhir pada musim panas 2019. ”Intensi saya, keinginan saya, dan gairah saya hanya untuk respek dengan kontrak tersebut,” lanjut pelatih terbaik Premier League musim lalu itu. Conte malah balik menyerang media-media Inggris yang sudah berkali-kali saat musim ini menyebut dia akan terbuang dari Chelsea.

”Saya tak mengerti kenapa jika pelatih lain tak berada di bawah tekanan setelah menelan kekalahan seperti ini, seperti yang kalian lakukan padaku,” keluh pelatih yang mempunyai 58,6 persentase menang itu.

Conte punya solusi agar tidak di bawah tekanan. ”Lebih baik saya tidak membaca koran, tidak membaca berita online. Asal kalian tahu, saya tak memiliki relasi dengan wartawan di sini,” tambahnya.

 

sport-detik.com | Berita Bola, Prediksi Bola, Hasil Pertandingan, Jadwal Pertandingan, Skor Bola, Klasemen dan Transfer Pemain
Sumber : JPNN.com

Pos Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *