Xavi Yakin Timnas Catalonia Masuk Elite Dunia

Mantan bintang Barcelona, Xavi Hernandez, yakin Timnas Catalonia akan masuk 10 atau 15 besar tim terbaik dunia jika diizinkan berkompetisi dalam kejuaraan yang digelar FIFA.

Wilayah di timur laut Spanyol itu rencananya akan menggelar referendum September 2017. Referendum dilaksanakan untuk memastikan apakah tetap berada dalam negara Spanyol atau memisahkan diri membentuk negara baru.

Jika memutuskan berpisah maka Catalonia bisa menjadi anggota baru di bawah badan sepak bola dunia baru. Xavi pun yakin wilayah ini memiliki pemain yang bisa membuat Timnas Catalonia berada di papan atas persaingan sepakbola dunia.

Catalonia selama ini juga kerap melakukan pertandingan persahabatan dengan timnas negara lain. Rabu lalu Tim Catalonia bermain imbang 3-3 melawan Tunisia di Girona. Beberapa bintang Barcelona seperti Gerard Pique, Jordi Alba, dan Sergio Busquets absen dalam pertandingan ini.

Dua pemain Barca, Jordi Masip dan Sergi Roberto, tampil demikian juga dengan duo Espanyol Marc Roca dan Gerard Moreno.

“Timnas Catalonia bakal masuk 10 sampai 15 besar tim terbaik dunia,” ungkap Xavi yang kini membela klub Qatar, Al Sadd.

“Timnas ini benar-benar menjadi cerminan level yang Anda bisa temukan dalam dunia olahraga di Catalan. Tak diragukan lagi bahwa kami memiliki kekuatan dalam berbagai spesialisasi,” ungkap Xavi.

Xavi yang kini berusia 36 tahun pernah 12 kali membela Catalonia. Dia tak menolak jika suatu saat dipercaya menjadi pelatih timnas ini.

“Anda tak pernah tahu. Anda juga tak bisa menutup semua pintu. Terlalu dini membuat prediksi namun terus terang salah satu keinginan saya adalah pulang ke kampung halaman dan melatih di Barcelona, di Catalonia. Ini rumah saya dan saya merasa sangat nyaman di sini,” paparnya lagi.

“Kami melawan tim bagus Tunisia dan mereka dalam level bagus,” ungkapnya.

“Kami memainkan sepakbola khas kami, selalu menyerang, menikmati permainan, dan ingin tampil meghibur. Itu menjadi ciri alami permainan yang kami pelajari dari Johan Cruyff dan Pep Guardiola.”

 

sport-detik.com | Berita Bola, Prediksi Bola, Hasil Pertandingan, Jadwal Pertandingan, Skor Bola, Klasemen dan Transfer Pemain
Sumber : BeritaSatu.com

Pos Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *